Disnakkanla Bentuk Tim Pengawas Kesehatan Hewan Kurban

Tidak ada komentar 587 views
example banner

sapiDUMAI,RIAUANDALAS.COM-Dinas peternakan, perikanan dan kelautan (Disnakkanla) Kota Dumai jelang hari raya Idul Adha tahun 2015 ini, telah membentuk tim pengawas hewan kurban di Kota Dumai.

Kepala Disnakanla Kota Dumai, Ir Syafrizal MM menyebutkan, jika pihaknya telah membentuk tim pengawas kesehatan hewan kurban yang terdiri 50 orang petugas.

” Dan seluruhnya merupakan pegawai disnakanla, nantinya mereka akan melakukan pengawasan kesehatan hewan kurban di Kota Dumai, sesuai syariah Islam,” ujarnya.

Syafrizal menjelaskan, sebelum dilakukan pembelian dan penyembelihan hewan kurban oleh pengurus masjid. Tim yang telah dibentuk di disnakkanla terlebih dahulu melakukan pengecekan kesehatan terhadap hewan di tempat agen.

“ Setelah dilakukan pengecekan kesehatan hewan tersebut akan diberi tanda, “tuturnya.

Lalu, Syafrizal melanjutkan, tim juga akan melakukan pengawasan di tempat pemotongan hewan seperti di masjid, musalla dan tempat perkantoran yang akan melaksanakan pemotongan.

” Setiap satu tim terdiri dari dua hingga tiga orang, tim akan melakukan pemeriksaan antemortem atau sebelum penyembelihan dan postmortem sesudah dilakukan penyembelihan,” paparnya.

Syafrizal menambahkan, dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban nantinya, tim akan melakukan penilaian, terutama dalam penilaian hati hewan yang dilakukan penyembelihan,  untuk mengetahui bahwa hati hewan tersebut tidak mengelami kerusakan atau tidak terdapat cacing hati.

” Jika ditemukan adanya cacing hati, tim akan langsung memberikan rekomendasi, sehingga hati hewan tersebut tidak dikonsumsi oleh masyarakat,” pungkasnya.