Disdikbud Riau utamakan One Stop Service

Tidak ada komentar 349 views
Pihak Disdikbud saat melayan masyarakat di ruangan publik yang sediakan Disdikbud untuk masyarakat

Pihak Disdikbud saat melayan masyarakat di ruangan publik yang sediakan Disdikbud untuk masyarakat

Puasa Bukan Hambatan Pelayanan
Pekanbaru, Riau Andalas.com Masyarakat Provinsi Riau mulai masuk tahun ajaran baru. Seperti biasa sekolah maupun Dinas Pendidikan di kota/kabupaten mulai sibuk rutinitas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang lebih tinggi. Sehingga masyarakat juga akan kewalahan untuk mendapatkan informasi.

Untuk mengatasi kebingungan masyarakat dalam mencari informasi tersebut, Dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Riau, siap memubuka pelayanan 24 jam, baik secara elektornik maupun pelayanan lansung di kantor Disdikbud Riau.

Meskipun tahun ajaran baru dalam bulan ramadhan, itu bukan penhalang bagi pihak Disdikbud Riau memberikan pelayanan, buktinya setiap hari pihak disdikbud selalu membuka pelayanan untuk masyarakat Riau. Terutama dalam bidang pendidikan yang berhubungan lansung dengan disdikbud riau. Seperti perpindahan siswa dan lainya.

Menurut Staf pelayanan publik Disdikbud Riau Mona, untuk pelayanan tersebut Disdikbud Riau telah menggunakan pelayanan One Stop Service yang sudah lama diterapkan. Sehingga masyarakat yang ingin melakukan atau membutuhkan pelayanan akan dilayani oleh masing-masing bidan yang selalu stanby di ruang publik yang tersedia.

“Yang pasti untuk pelayanan ini, kami selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, baik yang ingin mengurus pindah rayon, permintaan pengurusan SK guru bantu, surat menyurat maupun pengaduan lainya yang berhubungan lansung dengan disdikbud,”kata Mona.

Dielaskanya, pelayan yang diberikan kepada masyarakat bisanya dimulai dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore dan khusus untuk penerimaan berkas hanya sampai jam 3 sore. Dikarenakan bulan ini adalah bulan suci ramadhan, pelayanan dibuka hanya sampai jam 3 sore.

Pelayanan perizinan dengan sistem terpadu satu pintu (one stop service) ini membuat waktu pengurusan maupun pembuatan izin dan surat menyurat menjadi lebih singkat. Pasalnya, dengan pengurusan administrasi berbasis teknologi informasi input data cukup dilakukan sekali saja dan administrasi bisa dilakukan secara simultan.

Lebih jauh katanya, dalam menerapkan one stop service ini, pelayanan umum Disdikbud Riau terus berupaya mengevaluasi kualitas pelayanan serta terus meningkatkan komitmen pelayanan dalam memfasilitasi kelancaran proses legislasi bagi penyelenggaraan layanan yang berkualitas. “Kita berharap dengan adanya one stop service ini, pelayanan pada masyarakat lebih maksimal dan sesuai kebutuhan masyarakat,” tutur Mona. (Dri)***