Disdikbud Riau Seleksi OSN SD/MI

Tidak ada komentar 1242 views
example banner

images (120)

Riauandalas.com-Seletah tingkat SMP, Dinas pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Riau kembali seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD/MI tingkat provinsi. Dimana hasil seleksi dari 12 kota untuk jurusan IPA dan Matematika mendapat 6 orang peserta yang akan mewakili Riau nanti di tingkat nasional.

Kabid Dikdas Disdikbud Riau, Azwandi menjelaskan, sejalan dengan pelaksanaan otonomi daerah dibidang pendidikan yang telah berlangsung sejak tahun 2001 lalu, maka sebagian kewenangan pemerintah pusat dalam penyelenggaraan pendidikan dilimpahkan kedaerah. Baik kabupaten/kota maupun provinsi.

“Untuk itu peningkatan efisiensi dan efektifitas proses pembelajaran melalui pemerataan mutu sekolah. Penilaian proses serta hasil belajar secara bertahab dan berkelanjutan merupakan upaya peningkatan mutu pendidikan yang terus dikembangkan oleh Disdikbud. Oleh sebab itu standarisasi mutu pelaksanaan pendidikan tetap menjadi tanggungjawab pemerintah pusat,” kata Azwandi saat seleksi OSN SD/MI, Rabu (6/5).

Sementara OSN itu SD tahun 2016 diadakan untuk menyediakan suatu wahana kompetisi dalam bidang matematika dan IPA bagi peserta didik SD/MI sederajat. Sebagai upaya komprehensif dalam menumbuh kembangkan budaya belajar, kreativitas dan motivasi berprestasi.

Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Sementara tema OSN tahun ini, yakni “Membangun manusia mandiri, tangguh,inovatif dan berintegritas”.

“Peserta seleksi ini kita tertibkan maksimal berumur 12 tahun. Agar dapat mengetahui kemampuan anak sejak dini. Bagi peserta yang menang nanti akan dilakukan pembinaan ditingkat provinsi, supaya bisa menang ditingkat nasional sehingga dapat mengharumkan nama Riau dipusat,” jelas Azwandi.(nt0)***