Dirjend Bun Kementan Ri Apresiasi Pemkab Rohul Atas Keberhasilanya Ciptakan Kelompok Perkebunan Inovatif

ROKAN HULU,Riauandalas.com – Dirjend Perkebunan Kementrian Pertanian (Kementan) RI apresiasi kelompok swakelola Sawit KUD Bangkit Usaha Makmur Desa Bencah Kusuma, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul)

Hadir dalam acara tersebut,
Dirjend Perkebunan Kementrìan Pertanian Kasdi Sibagiyono
Ketua Komisi IV DPR RI, Effendi Sianipar, Kadis Perkebunan Provinsi Riau Feri Dwi Putra.

Kemudian, Bupati Rohul H Sukiman
Direktur Tanaman, Dirjend Perkebunan, Kadis peternakan dan perkebunan Kabupaten Rokan Hulu Sri Hardono Camat Kabun, Kepala Desa dan Kelompok Tani serta masyarakat.

Ketua Kelompok Bangkit Usaha Makmur Desa Bencah Kesuma, Khairum menguraikan
bermula dari pola Perkebunan inti rakyat, Desa Bencah Kesuma Kecamatan Kabun.

“Sekarang sesudah replanting dilaksanakan secara swakelola masyarakat, dengan luas 857 Ha, dengan modal dasar disediakan oleh Pemerintah Rp. 25 Juta per hektarnya,” katanya.

“Pola swakelola merupakan pola mensinergikan antara kelompok tani sekaligus anggota Koperasi dengan berbagai pihak atas binaan disbun kabupaten dan Disbun Provinsi Riau,” imbuhnya.

Swakelola sangat menguntungkan bagi petani karena dapat memberdayakan petani dalam mengelola kebun yang diawasi kelompok tani sekaligus membina kemandirian. “Termasuk perbaikan ekonomi dari usaha sela yang di laksanakan, untuk itu kiranya perlu di lanjutkan di masa yang akan datang,” ujarnya.

Kemudian, Bupati Rohul menyatakan bangga dengan kelompok dan anggota KUD Bangkit Usaha Makmur atas pelaksanaan Kastrasi Perdana Program Sawit Rakyat (PSR) dengan Pola Swakelola.

“Awalnya sempat ragu, sehingga saya pantau dan awasi terus, namun Alhamdulillah sekarang sudah menunjukkan kemajuan,” imbuhnya.

“Kepada Kementrian Pertanian RI dan DPR RI melalui Dirjend Perkebunana dan Ketua Komisi IV Effendi Sianipar Bupati berpesan agar Rokan Hulu tetap di perhatikan di tingkat Pusat,” ujarnya.

Sementara itu, Effendi Sianipar Ketua Komisi IV DPR RI mengatakan dengan apa yang dilaksanakan oleh KUD Bangkit Usaha Makmur ini, membuktikan Pola swakelola tidak selalu gagal dan tidak berhasil.

“Buktinya swakelola yang ada di sini (Bencah Kesuma) dapat berhasil. Untuk itu terus di jaga dan dinpelihara sehingga dapat di jadikan contoh di tempat lain,” katanya

Di tempat yang sama, Dirjend Perkebunanan Kementrian Pertanian Kasdi Subagiyono, menyampai terima kasih kepada Pemetintah Kabupaten Rokan Hulu, atas perhatian dan dukungan nya terhadap pembangunan, khususnya di bidang perkebunan di Kabupaten Rokan Hulu.

“Saya baru turun pertama kali ke Rokan Hulu setelah menjadi Dirjend Perkebunan selama lebih kurang 10 bulan,” tuturnya.

Usaha swakelola yang dilaksnakan oleh Kelompok KUD Bangkit usaha Makmur ini merupakan pertama kali dabberhasil dengn baik. “Untuk itu kiranya perlu pembinaan dan pengawasan dengan baik dan dapat di jadikan percontohan untuk di laksanakan di tempat lain,
”Apalagi kelompok mengikitinya dengan usah tumpang sari, sehingga perkebunana terawat pendapatan bertambah, pemeliharaan berjalan hasil lain diperoleh,” Ujarnya.

Dirjend juga mengatakan dalam rangka membantu kelompok kelompok inovatif di perkebunan, pemerintah pusat terus melaksanakan bantuan dan menyederhanakan persyaratan.

“Seperti kalau dulu ada 14 persyaratan yang harus dipenuhi sekarang hanya 8 persyaratan saja, diharapkan petugas dan pengurus kelompok dapat membantu menyiapkan dan melengkapi secara administrasi kelompok-kelompok tani yang ada,” imbuhnya.

Selin itu, Dirjend melanjutkan apalagi program perkebunan menjadi perhatian dari Menteri Pertanian sekarang untuk dikembangkan.

“Sekali lagi saya memberikan apresiasi atas keberhasilan swakelola perkebunan sawit yang dilaksanakan oleh KUD Bangkit Usaha Makmur ini,” ujarnya.

Sebelum acara Bupati dan Dirjend serta rombongan meninjau perkebunan Sawit swakelola kelompok dan hasil tanaman tumpang sari kelompok di areal tanaman sawit, berupa Jagung, Semangka, Cabai, Ubi, Kaya, Ketela Kacang dan lainnya.
***(Al

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Dirjend Bun Kementan Ri Apresiasi Pemkab Rohul Atas Keberhasilanya Ciptakan Kelompok Perkebunan Inovatif"