Diprakarsai Pemuda, Kades dan Upika Ratusan Masyarakat Sialang Jaya Nobar Film G30S/PKI

example banner
ROKAN HULU, Riau Andalas. com   – Ratusan masyarakat, dari kalangan kaum remaja, anak-anak, serta para orang tua, membludak padati nonton bareng (nobar) film G30s/PKI yang dipusatkan di simpang jalan Dusun Harapan, Desa Sialang Jaya Kecamatan Rambah, Senin (2/10/2017) malam.

 

Pemutaran film G30S/PKI dengan layar lebar, diprakarsai Ketua Pemuda Desa Sialang Jaya H.Syafriadi alias Mak Isaf dan dimotori Wakil Ketua Pemuda, Rahmat serta pemuda Sialang Jaya lainnya, yang dapat dukungan penuh dari Kades Sialang Jaya, Yuherman Daulay, Kapolsek Rambah AKP Didi Antoni SH.M.Hum, juga Camat Rambah M.Pranovandi.

 

Nobar, dapat perhatian seluruh masyarakat Desa Sialang Jaya serta masyarakat dari desa-desa tetangga lainnya, bahkan antusias masyarakat dengan rela duduk hanya beralaskan tikar pelastik untuk menonton film yang berdurasi hingga 3 jam lebih dan diputar selepas Shalat Isa hingga tengah malam.

 

“Kita berterima kasih, atas dukungan Camat, Kades, serta Kapolsek juga masyarakat Sialang Jaya, sehingga kegiatan Nobar Film G30S/ PKI selain agar bisa mengingat sejarah juga pererat tali silaturrahmi antar masyarakat, perangkat desa, pemuda juga Upika di Kecamatan Rambah,” harap Wakil Ketua Pemuda Desa Sialang Jaya, Rahmat, Senin malam.

 

Selain tayangkan nobar, pemuda desa juga menyiapkan minuman kopi dan teh kepada warga yang menonton, sehingga suasana nobar malam itu walaupun terlihat tegang karena film, namun suasana di malam itu menambah keakraban.

 

Kapolsek Rambah, AKP Didi didampingi Kades Yuherman Daulay, Kanit Binmas Aiptu S.Jon Refli juga Bhabinkamtimas Brigadir Jufendi juga Sekdes Sialang Jaya Taufik berharap, bisa mengambil hikmah dari kegiatan nobar yang diprakarasai pemuda dan didukung Kades Sialang.

 

“Film tersebut hendaknya bisa menambah wawasan bagi anak-anak serta remaja, sehingga mereka memahami betapa pentingnya perjuangan yang dilakukan para pahlawan kita melawan penjajah termasuk PKI. Terlebih penting lagi, melalui kegiatan ini menambah silaturrahmi masyarakat,” kata Kapolsek Rambah.

 

Didi juga menyatakan, kedepannya dirinya akan membuat jadwal tayangkan film film perjuangan lainnya dengan cara nobar seperti malam tersebut. Karena, kegiatan nobar juga bisa mencegah pemuda melakukan tindakan yang tidak berguna, kemudian nantinya juga menayangkan film film himbauan dari Polri.

 

Kades Sialang Jaya, Yuherman Daulay, sangat berterima kasih kepada Camat Rambah, Kapolsek Rambah, Kanit Binmas, Bhabinkamtimas serta pemuda desa, yang sudah berperan aktif sehingga terlaksananya kegiatan nobar G30S/PKI di desa Sialang Jaya.

 

“Dengan adanya nobar, anak-anak, remaja, orang tua, perangkat desa, serta Polri dan Upika, bisa berkumpul bersama. Ini mengingatkan kita ke masa-masa dulu, dimana fim tersebut di putar setiap tanggal 30 September. Kedepannya, kita juga bersama Polri, Camat, dan pemuda desa akan nobar lagi dengan menyajikan film-film perjuangan serta film dokementar yang berguna menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat,” tegas Yuherman Daulay. ***( Alfian) ‎