Dinas Pertahanan Pekanbaru Luncurkan Sistem Komputerisasi  E-Data

Keterangan poto Dedi Gusriadi saat meresmikan pembangunan IPAL di Kecamatan Sail berapa waktu lalu

Pantau Aset Tanah di Kota Pekanbaru

PEKANBARU,Riauandalas.com– Dalam rangka mendukung visi dan misi Kota Pekanbaru menuju smart city madani,  banyak terrobosan dan inovasi yang dilakukan.
Salah satunya yang akan dilakukan oleh OPD Dinas Pertamahan  Pertanahan Kota Pekanbaru. Dinas yang baru dibentuk ini akan meluncurkan sistem yang dinamakan dengan E-Data. Program ini akan mendata seluruh lokasi tanah milik Pemerintah Kota Pekanbaru yang ada di Kota Pekanbaru .
Demikian dikatakan Kepala Dinas Pertanahan Kota Pekanbaru Ir Dedi Gusriadi saat dikonfirmasi wartawan Kamis (18/1).
“Kita akan membuat sistem E-Data pada tahun 2018 ini yang diperkirakan dibuat pada bulan April mendatang.
Sedangkan tahap awal nanti kita rencanakan di dua kecamatan dulu. Namun, kita lihat dulu anggarannya. Selain itu, tentu akan kita lakukan lelang melalui konsultan,”  ungkap Dedi.
Diterangkan mantan Asisten II Setdako ini, program dengan sistem komputerisasi ini agar seluruh aset tanah milik Pemko Pekanbaru akan bisa dilihat dengan cepat melalui E-Data ini.
“Jadi dengan adanya sistem komputerisasi ini maka semua lahan kosong bisa didata dan dilihat melalui E-Data ini. Dengan begitu melalui sistem digital ini, maka kita akan tahu dimana letak lokasinya, berapa ukurannya . Selain itu, apakah suratnya sudah SKGR dan dengan siapa sempadannya,”  ujar Dedi.
Ditambahkan Dedi, manfaat  dari sistem E-Data ini sangat banyak sekali terutama lokasi tanah milik Pemko , sehingga bisa terjaga dengan baik.”Selain itu kita nantinya akan berkordinasi dengan pihak BPKAD tentang aset tanah milik Pemko. Dengan begitu, sangat mempermudah kita dalam mengawal semua tanah yang dimiliki Pemko, sehingga tidak mudah diserobot oleh oknum lain,”  harap Dedi.
Lebih jauh dikatakan Dedi,  setelah nanti adanya sistem E-Data ini, maka kedepan pihaknya tentu akan mengkonekkan sistem tersebut kepada setiap OPD lainnya.(hen)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Dinas Pertahanan Pekanbaru Luncurkan Sistem Komputerisasi  E-Data"