Dikelola Provinsi, Dewan Akan Hapus Beli Buku

Tidak ada komentar 471 views
example banner

20160420_090907

*Termasuk uang komite resahkan masyarakat

PEKANBARU, Riau Andalas.com– SMA/SMK dikelola Privinsi, DPRD Riau akan hapus beli buku pelajaran. Termasuk uang komite sekolah yang selama ini jadi beban dan keluhan bagi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Ria Noviwaldy Jusman. Dikatakanya, selain sudah ada anggaran dari pemerintah penghapusan beli buku dan uang komite itu sudah merupakan tekad dari awal untuk meningkatkan pendidikan berkualitas. Pasalnya, kegiatan tersebut juga salah satu kendala bagi masyarakat untuk menjalani pendidikan.

“Untuk buku itu sudah ada dana BOS. Seharusnya itu yang dikelola dengan baik,” kata Noviwal jusman.

Begitu juga dengan uang komite katanya, pungutan itu hanya memberatkan pada siswa maupun pada masyarakat. Karena selama ini uang komite tersebut juga tidak jelas kegunaanya. Apa lagi untuk kelanjutan pendidikan siswa. Sehingga wajar saja dihapuskan.

“Tujuan komite itu harus dipahami juga, kalau tidak berfungsi untuk apa,” ujarany.

Lebih jauh kata politisi demokrad ini, saat ini upaya pemerintah bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan pada tingkat lebih baik. Salah satunya diberikan anggaran besar agar siswa tidak ada beban dalam menuntut pendidikan. Jika sampai saat ini siswa masih dibebankan biaya untuk sekolah, dampaknya akan negatif pada pendidikan siswa. Untuk itu pihaknya akan mengkoordinasikan dengan pemerintah provinsi jika tujuan pengelolaan dialihkan pada provinsi agar menjadi lebih baik. Terutama tingkat pendidikan atas ini.

“Terkait anggaran kita akan prioritaskan untuk pendidikan ini, karena pendidikan program yang diutamakan oleh pemerintah,” tuturnya. (Dri)***