Dewan Segera Bentuk Tim Pansus Hak Angket Hutang Eskalasi

Tidak ada komentar 424 views

images (33)

Pekanbaru, Riau Andalas.com– Setelah dibahas dalam paripurna, DPRD segera bentuk tim Pansus hak angket terkait pembayaran hutang eskalasi oleh Pemprov Riau.

Pembentukan tim pansus tersebut akan di bentuk setelah mendapat kesepakatan dalam rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Riau yang saat ini sudah dalam tahap penusunan.

Menurut Wakil ketua DPRD Riau Sunaryo mengatakan, hak angket tersebut prosesnya akan terus berlanjut kedepanya. Karena pengusulannya sudah masuk dan dibahas dalam rapat Paripurna DPRD Riau.

“Saat ini sudah masuk dalam tahap penyusunan jadwal karna baru diparipurnakan kemarin. Dan selanjutnya akan dibahas dalam Bamus yang kemudian dibentuk tim pansus untuk tindak lanjut seterusnya,” kata Sunaryo Senin (20/6) sore lalu.

Hal senada juga disampaikan M Adil salah seorang pengusul hak angket, dimana ia menjelaskan, jika penggunaan hak angket ini tinggal menunggu pada dari fraksi. Jika sudah ada persetujuan penggunaanya akan segera dilaksanakan sesuai dengan tujuan awal terkai proses pembayaran hutang eskalasi yang dilakukan pemprov Riau

“Memang hak angket sudah disetuji, tapi masih ada mekanisme yang dilalui dari fraksi, maka itu tinggal menunggu persetujuan fraksi itu,” jelasnya.

Terkait pembentukan tim pansus, akan dibentuk sesuai dengan protap yang anggotanya tersiri dari anggota fraksi. Dimana tujuannya untuk mempertanyakan lebih jauh alasan pembayaran yang dilakukan Pemprov Riau, karena tidak masuk dalam pembahasan.

“Tim akan memanggil gubernur, dan gubernur wajib untuk memenuhi panggilan. Jika tidak dan tiga kali berturut tidak memenuhi panggilan tim pansus, gubernur bisa saja dilakukan jemput paksa,” tutur Adil. (Dri)***