Dewan Cegah Partai Ajukan Cawagub Luar Riau

Tidak ada komentar 625 views
example banner

Plt Gubri hadiri Panutan Penyampaian  SPT tahunan dan tax gethering 2016 Pemerintah Provinsi Riau & Kanwil DPJ riau dan kepri
*Gubri sebut lebih tinggi undang-undang

PEKANBARU, Riau Andalas.com– Antisipasi Wakil Gubernur Riau (Wagubri) dari daerah luar daerah Riau. Panitia Khusus (Pansus) tata tertib pemilihan Wakil Gubernur DPRD Riau, terbitkan tatib penujukan Wagubri melalui tatib kearifan lokal yang mengutamakan putra daerah.

Selain mengutamakan putra daerah dan karifan lokal, tatib tersebut juga bertujuan untuk menimbang adat isti adat dan budaya melayu Riau. Dimana tetib itu akan mengikat partai untuk pemilihan calon Wagubri tetap mengajukan putra daerah.

hal itu disampai Ketua Pansus Wagubri DPRD Riau Aherson sebelumnya. Dimana ia mengatakan poin kearifan lokal tersebut dinilai sangat penting untuk daerah dan masyarakat Riau kedepan yang tidak lagi dipimpin oleh pejabat luar Riau. Sehingga penerbitan tatib ini itu dilaksanakan yang saat ini penerbitanya sudah hampir rampung 90 persen tinggal dimasukan pada draf tatib pemilihan Wagubri.

Namun hal tersebut disangkal Gubernur Riau, Arsydjuliandi Rachman, karena tatib itu sulit untuk diterpakan. Pasalnya untuk pemilihan Cawagub tersebut ada sudah ada undang-undang yang mengatur. sehingga tidak bisa dutekankan hanya dengan tatib di dewan.

Selain itu katanya, untuk Cawagub itu sudah merupakan hak partai yang diatur dalam undang-undang. Untuk itu tidak akan bisa ditegaskan melalui tatib. Kecuali itu usulan dan permintaan agar pemilihan diutamakan putra daerah.

“Itu tidak mungkin, mana yang tinggi tatib dengan undang-undang, kata Andi Rachman sapaan akrabnya.

Ketua DPD I Golkar Riau ini juga menjelaskan, untuk pemilihan Cawagub ini tetap keputusan masing-masing partai. Sehingga keputusannya tetap pada partai yang akan memutuskan siapa balon yang akan diajukan.

“Kecuali, usulan untuk mengutamakan putra daerah itu bisa saja,” tutup Andi Rachman.