Danramil langgam Hadiri Acara Musrenbang Tingkat kecamatan Pangkalan kerinci

PELALAWAN ,Riau Andalas. com – Danramil 09/Langgam menghadiri acara Musyawarah Rencana Pembangunan Tingkat Kecamatan Pangkalan Kerinci, bertempat di Aula Kantor Camat Pangkalan Kerinci. Dihadiri oleh Camat Pangkalan Kerinci, Kapolsek Pangkalan Kerinci, KA Bapedda Kab.Pelalawan, Lurah Se.Kecamatan Pangkalan Kerinci, UPTD Kab.Pelalawan dan Kepala Desa Se.Kecamatan Pangkalan Kerinci.

Musrenbang adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya. Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa.

Realitas yang ada menunjukkan bahwa perencanaan teknokratis dan perencanaan politis masih mendominasi alokasi anggaran pembangunan daerah. Sementara di lain pihak, hasil-hasil perencanaan partisipatif yang merupakan representasi aspirasi masyarakat masih kurang mendapat tempat dalam pembagian alokasi anggaran pembangunan. Ketimpangan tersebut tidak hanya memunculkan persoalan perencanaan saja, tetapi lebih jauh dari itu, telah muncul anggapan bahwa pengalokasian anggaran pembangunan daerah kurang mampu mengakomodir kepentingan dan aspirasi masyarakat.

Dalam rapat tersebut dihimbau juga Kepada instansi terkait untuk semaksimal mungkin menggunakan anggarann dana sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah pusat. Penggunaan anggaran dana tersebut supaya membangun bangunan yang bermanfaat untuk kepentingan masyarakat , setiap pengguna anggaran harus selalu berkomunikasi dengan tim monitoring yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah dan sudah memilih peraturan khusus bagi pengguna anggaran agar jangan sesekali berbuat kecurangan didalam penggunaan anggaran dana tersebut.

Rapat ini bertujuan juga untuk mendengarkan usulan pembangunan dari masing-masing instansi lurah dan kepala desa untuk pembangunan di Wilayah Pangkalan Kerinci pada tahun 2018 mendatang.(Penrem 031/Wirabima)