Contoh Tatib Pemilihan Wagubri, DPRD Riau Melalang Buana

example banner
Gedung DPRD Riau Jalan jend. Sudirman Pekanbaru-Riau

Gedung DPRD Riau Jalan jend. Sudirman Pekanbaru-Riau

*Dari Kepri hingga Cirebon

“Golkar belum ada pembahasan”

PEKANBARU, Riau Andalas.com– Contoh pembuatan Tata Tertib (Tatib) pemilihan Wakil Gubernur Riau (Wagubri). Tim Pansus pemilihan wakil gubernru Riau terus gesah perbandingan dengan privinsi lain yang sebelumnya telah melakukan pemilihan Wagub. Mulai dari Provinsi Kepulaua Riau (Kepri) hingga Provinsi Cirebon yang data pembandingnya sudah di ambil tim pansus wagubri DPRD Riau.

Meski masa tugas Pansus tatib pemilihan wagubri sudah dekat yang berakhir 28 September depan. Tim pansus tetap optimis menuntaskan penyusunan tatib sesuai tanggal masa berakhir tugas penyusunan. Sehingga dalam waktu dekat ini draf tatib sudah bisa digunakan untuk pemilihan Wagubri kedepan.

Menurut Ketua pansus Tatib Wagubri, Aherson, perbandingan yang sudah dilakukan pada beberapa provinsi tersebut, tinggal menunggu perbandingan, terutama tentang point-point yang akan dimasukan dalam tatib.

“Yang kita ambil itu point-point penting saja, karena kita tidak ingin ada permasalahan dalam pemilihan Wagubri kedepan,” kata Aherson.

Aherson memastikan, dalam waktu dekat ini penyusunan tatib segera diparipurnakan yang segera dijadwalkan dalam rapat Banggar. Sehingga setelah paripurna segeran menetapkan waktu pemilihan Wagubri.

“Jika dalam waktu dekat ini perbandingan sudah didapatkan, minggu depan akan segera diparipurnakan,” kata Ketua Komisi C DPRD Riau ini.

Disisi lain, meski tim pansus sudah melalang buana untuk mencontoh pembuatan tatib pemilihan Wagubri. Namun Partai Golkar selaku pemilik kewenangan dalam pengajuan calon Wagubri belum memutuskan siapa calon yang akan diajukan. Bahkan Golkar sendiri belum ada pembahasan untuk memutuskan siapa calon yang akan diajukan menjadi Wagubri kedepan.

Hal itu sesuai informasi yang disampaikan Ketua DPD I Golkar Riau Arsyadjuliandi Rachman beberapa waktu lalu. Dikatakanya jika calon Wagubri yang akan diajukan ke DPRD Riau itu belum ada keputusan dari DPP, meskipun sebelumnya telah diajukan beberapa nama.

Bahkan Andi Rachman yang juga Gubernur Riau ini, menyatakan, untuk peengajuan Wagubri ini merupakan kewenangan DPP Golkar untuk penatapan. Sedangkan DPD hanya mengajukan pilihan yang akan diputuskan DPP. Sehingga sampai saat ini masih dalam proses untuk memutuskan siapa yang akan diajukan. (Dre)