Ciptada Riau Wujudkan Impian UIN Suska Miliki Rusunawa

Tidak ada komentar 717 views
example banner

 

Plt Gubri didampingi Kadis Ciptada Riau saat peresmian pembangunan Rusunawa UIN Suska Kamis (14/4) lalu.

 Kadis Ciptada Riau saat peresmian pembangunan Rusunawa UIN Suska Kamis (14/4) lalu.

PEKANBARU, Riau Andalas.com-Dinas Cipta karya Tata Ruang dan Sumber Daya Air (Ciptada) Riau realisasikan permohonan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau miliki Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa).

Pembangunan Rusunawa yang bertujuan untuk membantu siswa tidak mampu tersebut pembangunannya sudah mulai dilaksanakan. Dimanan untuk peletakan batu pertamanya dilakukan lansung oleh Plt Gubernur Riau H Arsydjuliandi Rachman Kamsi (14/4) lalu yang juga didampingi Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Sumber Daya Air (Ciptada) Provinsi Riau, Dr Ir H Dwi Agus Sumarno MM MSi.

Plr Gubri Arsydjuliandi rachman, menyampaikan, dengan adanya pembangunan Rusunawa tersebut, mampu melengkapi fasilitas perkuliahan dilingkungan UIN Suska Riau. Dan juga mampu untuk membantu keluahan majasiswa maupun dosen yang selama ini merasa berat dengan besarnya biaya kuliah maupun kerja. Diantaranya biaya sewa rumah yang tiap tahun terus mengalami peningkatan.

Ketersediaan sarana dan prasana, seperti Rusunawa ini, kata Plt gubri yang akrab disapa Andiraman Rachman ini, juga diharapkan mampu untuk memberikan kenyamanan da konsentrasi dalam proses belajar mengajar. Sehingga berimplikasi pada peningkatan kualitas pendidikan kedepan.

“Rusunawa ini, merupakan solusi untuk meningkatkan semangat mahasiswa maupun dosen. Untuk itu kita berharap akan kedepanya akan jauh lebih baik,” kata Andi Rachman.

Agar bangunan Rusunawa tersebut kedepanya bisa terawat dan tetap bisa digunakan slalu oleh siswa maupun dosesn. Ia berpesan kepada Civitas Akdemik UINS Suska untuk bisa selalu menjaga dan mengelola dengan baik. Sehingga keberadaan Rusunawa ini bisa digunakan secara turun menurun pada generasi berikutnya.

“mudah-mudahan dengan adanya penambahan prasaranan kampus ini, mampu melahirkan SDM yang berkualitas, yang akan menjadi andalan untuk Riau kedepan. Terutama dalam mewujudkan visi misi Riau 2020,” ujar Andi Rachman.

Sementara Kepala Dinas Ciptada Riau Dr Ir H Dwi Agus Sumarno MM MSi. Rususnawa tersebut, bertujuan untuk membantu mahasiswa tidak mampu dalam melajutkan kuliah, terutama untuk mahasiswa yang berasal dari luar kota Pekanbaru. Dimana pembangunan Rusunawa tersebut juga merupakan program dari Dirjend Perumahan Rakyat pusat melalui anggaran APBN 2015.

“Yang pasti pembangunan rusunawa ini bertujuan untuk kelansungan pendidikan Riau kedepan lebih baik. Dimana apa yang dilakukan UIN Suska ini sejalan dengan Pemprov Riau untuk meningkatkan kualitas pendidikan kedepan, yang anggaranya sudah disediakan dalam anggaran APBD Riau,” kata Dwi.

Lebih jauh menurut Mantan Direktur IPDN Kampus Rohil ini, pembangunan Rusunawa ini kedepanya tidak hanya akan diberikan pada UIN Suska. Tapi juga pada kampus lainya. Seperti UNRI dan IPDN yang sebelumnya telah mengajukan. Dimanan maksud dan tujuan bantuan pembangunan itu dikhususkan bagi mahasiswa maupun dosen yang berekonomi rendah atau berasal dari daerah 3 T (Terdepan Terluar dan Terpencil). Sehingga dalam menuntut pendidikan kedepan tidak ada lagi keluhan dari masyarakat maupun dosen.

“Selama ini kita masih mendengar keluhan masyarakat besarnya biaya pendidikan itu, untuk itu dengan tersedianya tempat tinggal yang dekat dengan lokasi kampus ini, diharapkan mampu membantu mahasiswa dan bisa lebih fokus dan giat dalam menuntut ilmu,” Tutur mantan Kadisdikbud Riau ini.(Dri)***