Cegah Karhutla ,Babinsa Koramil 09/Langgam Patroli Gabungan

PANGKALAN  KERINCI, Riau Andalas. com  – Babinsa Koramil 09/Langgam Serma Alinan Syahri melaksanakan Patroli Karhutla di desa Segati Dusun 2 Sukaramai Kec.Langgam bersama instansi terkait seperti Babinkamtibmas, Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api (MPA).

Patroli gabungan ini dilakukan terutama di daerah yang berpotensi terhadap Karhutla. Patroli sekaligus mengimbau masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar. Daerah sasaran patroli yang dimaksud Babinsa yakni daerah yang sering terjadi Karhutla seperti di tahun-tahun lalu. Kegiatan patroli sekaligus monitoring untuk memastikan masyarakat di desa mana saja yang mulai membuka lahan, sehingga menjadi bahan sasaran patroli berikutnya.

“Kami mendata daerah mana yang masyarakatnya sudah memulai membuka lahan ladang, untuk persoalan Karhutla perlu penanganan serius oleh semua pihak. Untuk itu perlu diintensifkan sosialisasi kepada masyarakat agar menjaga lingkungan dari Karhutla, agar masyarakat memahami dan menyadari tentang dampak dari Karhutla” tegas Serma Alinan Syahri

Perlu ada pendekatan dan berikan pemahaman kepada masyarakat seperti sosialisasi tentang bahaya yang akan ditimbulkan karena membakar hutan dan lahan secara sembarangan. Larangan membakar hutan dan lahan atau kebun, bukanlah larangan Polisi, TNI atau pemerintah daerah, tetapi itu merupakan perintah undang–undang yang harus dilaksanakan karena akan berdampak bagi kehidupan manusia.
Karhutla menimbulkan kabut asap, merusak ekosistem kehidupan dan merusak kesehatan serta menggagu transportasi di darat, laut dan udara.

Patroli gabungan beberapa instansi pemerintah itu sekaligus menyambangi masyarakat. Dengan pendataan daerah daerah rawan Karhutla sebagai sasaran patroli, sehingga patroli yang dilakukan tepat sasaran. Patroli ini dilakukan secara rutin setiap hari agar masyarakat memahami tentang dampak kebakaran hutan dan lahan, sehingga mereka tidak melakukan membakar lahan secara sembarangan.