Camat Rambah Hilir Panen Semangka Milik BUMDesa Rambah Muda Jaya

ROKAN HULU, Riauandalas.com – Camat Rambah Hilir, Zul Hendri bersama Ketua TP PKK Rambah Hilir Neni Zul Hendri serta Kepala Desa Rambah Muda Rian Denny Setiawan, lakukan panen perdana buah semangka milik Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Rambah Muda Jaya, Kecamatan Rambah Hilir,Minggu (15/11/18)

Disela-sela panen perdana semangka, Camat Rambah Hilir Zul Hendri, menyatakan, dirinya sangat terkejut atas inovasi yang dilakukan BUMDesa Rambah Muda Jaya yang sudah berhasil kembangkan budidaya buah semangka di lahan seluas 2 hektar.

“Berharap, hal ini bisa diikuti BUMDesa lainnya di Kecamatan Rambah Hilir, karena dengan inovasi yang cemerlang di bawah binaan Kades Rambah Muda, penanaman buah semangka langsung kita ikut memanennya hasilnya cukup memuaskan. Diharapkan, ini menambah pendapatan BUMDesa Rambah Muda Jaya, sehingga bisa terus berkembang,” harap Camat Zul Hendri.

Camat Rambah Hilir juga mengaku, awalnya dirinya diajak Kades Rambah Muda panen perdana buah semangka. Saat itu dirinya mengira panennya di Desa Rambah Muda, ternyata pihak BUMDEsa Rambah Muda Jaya memanfaatkan lahan kosong yang berada di kawasan Kecamatan Rambah.

“Seluas 2 hektar tanaman buah semangka terlihat terhampar, dan buah semangkanya besar dan bagus-bagus. Ini inovasi pengembangan BUMDesa diharapkan bisa terus berkembang,” imbau Camat Zul Hendri.

Kepala Desa Rambah Muda Rian Denny Setiawan mengatakan, penanaman semangka merupakan untuk ketiga kalinya. Di tahun pertama berhasil dan mendapatkan keuntungan, kemudian tanaman kedua gagal panen karena lahan terkena virus.

“Di tahun ke tiga ini, alhamdulillah penan kita bagus. Kita perkirakan selama 7 hari ini kita lakukan panen besar. Dari lahan 2 hektar yang kita sewa ke pemilik di kawasan jalan lingkar Km 4 Desa Sukamaju diperkirakan bisa menghasilkan sekitar 40 ton buah semangka,”

“Untuk pemasarannya, kita sudah ada langganan pembelinya, dan biasanya ada yang diantar dan jemput langsung ke lokasi panen. Setiap penanaman hingga panen, kita modalkan capai sekitar Rp50 juta, sudah termasuk penjaga, merawat, dan yang ikut panen serta langsir buah. Kita berterima kasih, atas peran serta BUMDesa yang sudah begitu gigih,” tegas Kades Rian Denny Setiawan, didampingi Dirut BUMDesa Rambah Muda Jaya Widya, juga staff bidang penjualan Azis Cah Mbarep Denny.

Kades Rian Denny Setiawan menyatakan, buah semangka yang dijual ke pembeli Rp3000 per kgnya. Pemasaran hasil panen sudah ada kerjasama dengan pembeli. Bahkan, setiap panen semangka hasilnya sudah ada yang menampung dan membelinya.***( Alfian Tob)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0852 6596 3225
via EMAIL: riau_andalas@yahoo.com atau Riauandalas@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Camat Rambah Hilir Panen Semangka Milik BUMDesa Rambah Muda Jaya"