Camat Bandar Petalangan Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Desa

PELALAWAN, Riauandalas.com – Pemerintah Kecamatan Bandar Petalangan lakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa yang mana menggunakan dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat tahap I Tahun 2020. Camat Bandar Petalangan Mukhtarius, S.Pd.,M.Pd didampingi Kasi PMD Yurnadias, SP dan pendamping ADD Adi Sumardi dan Mariadi mengecek secara langsung pembangunan fisik dan tertib administrasi yang dilaksanakan aparat desa pada Kamis (4/6/2020).

Menurut Camat Bandar Petalangan Mukhtarius, S.Pd.,M.Pd, monitoring dan evaluasi merupakan salah satu bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi kecamatan dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa agar sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Tujuan pelaksanaan monev kepada masing-masing desa terkait pelaksanaan pembangunan di desa yang menggunakan dana desa, agar tidak terjadi penyimpangan. Monitoring ini, menurut Mukhtarius, agar aparat desa bisa tertib dalam bidang administrasi program pembangunan yang menggunakan dana desa.

“Pelaksanaan monitoring dan evaluasi baru dilaksanakan di 4 desa yang ada di Kecamatan Bandar Petalangan yang dilaksanakan mulai bulan Ramadhan kemarin. Adapun 4 desa tersebut adalah Desa Lubuk Keranji Timur, Desa Air Terjun dan pada hari ini Kamis, 4 Juni 2020 Desa Terbangiang dan Desa Tambun, yang mana pada keempat desa anggaranya digunakan untuk pembangunan PAUD, embung, box cover, gorong-gorong untuk kepentingan masyarakat ramai.” jelas Mukhtarius.

Kepada 4 kepala desa, Camat Bandar Petalangan berpesan agar memanfaatkan dan menggunakan anggaran dana desa sebaik-baiknya untuk pembangunan desa. Pembangunan tersebut bisa dalam bentuk pembangunan box cover, gorong-gorong, PAUD, embung serta fasilitas umum yang dibutuhkan masyarakat. (MD)