Bupati Yopi Pilih Periksa Pasukan Dengan Berjalan Kaki

Tidak ada komentar 357 views

RENGAT, Riau Andalas. com – Semangat pantang menyerah dan berani menghadapi rintangan dinilai menjadi bagian dari semangat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Berangkat dari itulah, Bupati Inhu H Yopi Arianto memilih tidak menggunakan mobil dan memilih berjalan kaki saat melakukan pemeriksaan pasukan ketika bertindak selaku inspektur upacara pembukaan TMMD ke-98 wilayah Kodim 0302 Inhu, di lapangan sepakbola Pematangreba, Kecamatan Rengat Barat, Rabu (5/3/2017).

“Mohon maaf, saya berjalan kaki saja. Karena ini TMMD, tentunya semangatnya adalah pantang menyerah dan berani menghadapi rintangan. Apalagi hanya dengan kondisi becek seperti ini,” ujar Bupati Yopi kepada salah satu personil TNI yang telah siap menjemput dengan mobil pemeriksa pasukan.

Selanjutnya, disusul oleh seluruh pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Inhu dan Kuansing, Bupati Yopi melakukan pemeriksaan seluruh pasukan upacara pembukaan TMMD.

Jalannya pelaksanaan upacara pembukaan TMMD ke-98 sendiri berlangsung lancar. Meski pagi itu, kondisi lapangan Perseraba yang menjadi lokasi pelaksanaan upacara hampir diseluruh bagiannya terdapat beberapa titik genangan air. Ini akibat, pasca hujan yang mengguyur hampir di seluruh wilayah Kabupaten Inhu sejak malam tadi.

Dalam upacara pembukaan TMMD tersebut, ratusan personil gabungan mulai dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub dan para personil Linmas serta organisasi pemuda dan para pelajar ikut ambil bagian. Beberapa pertunjukan kesenian tradisional dan bela diri oleh personil Satpol PP turut ditampilkan usai pelaksanaan upacara.

Dalam laporan yang disampaikan Dandim 0302 Inhu Letkol Inf Mujibburahman Hadi, dijelaskan bahwa program TMMD ini akan berlangsung selama satu bulan kedepan. Dengan ratusan personil yang diterjunkan, sesuai dengan sasaran serta tujuan nantinya dalam program ini berbagai kegiatan pembangunan fisik dan non fisik akan dilaksanakan.

Sejumlah kegiatan fisik tersebut diantaranya semensiasi jalan, pembangunan drainase serta pembukaan jalan baru di sejumlah desa yanga ada di empat kecamatan. Sedangkan terkait kegiatan non fisik, diantaranya berbagai penyuluhan keagamaan, bela negara, wawasan kebangsaan serta beberapa penyuluhan di bidang pertanian, peternakan dan olahraga.

Sementara itu, dalam amanatnya, Bupati Inhu H Yopi Arianto menyampaikan bahwa program TMMD merupakan sebuah program terpadu lintas sektor, antara TNI bersama kementerian, lembaga pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah guna  menyatukan langkah bersama masyarakat untuk saling bahu-membahu berupaya melaksanakan peningkatan akselerasi pembangunan infrastruktur daerah pedesaan, yang tidak hanya berfokus pada kegiatan pembangunan fisik namun juga non fisik.

Mengusung tema “Dengan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat, kita percepat pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka menjaga keutuhan wilayah NKRI”, atas nama Pemkab Inhu, diakhir sambutannya Bupati Yopi berharap agar program kegiatan ini dapat berjalan secara optimal serta berkesinambungan, sehingga arah serta tujuan utama program mulia ini benar-benar dapat dirasakan dan berdampak langsung bagi masyarakat.

Usai pelaksanaan upacara, Bupati Yopi bersama para pimpinan Forkopimda turut melakukan penanaman pohon di sekitar lapangan sepakbola dan dilanjutkan dengan peninjauan pada stand pengobatan gratis.

Hadir dalam upacara pembukaan TMMD tersebut, Ketua DPRD Inhu Miswanto beserta anggota, Kapolres Inhu AKBP Abbas Basuni, SIK, Ketua PN Inhu Agus Akhyudi, Kajari Inhu Supardi, serta para pejabat di lingkungan Pemkab Inhu dan para tokoh masyarakat.

Sementara beberapa pejabat Forkopimda Kabupaten Kuansing yang turut hadir diantaranya  Kapolres Kuansing AKBP Dasuki Herlambang, Kajari Kuansing Jufri ** js