Bupati Sukiman Himbau Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan Upaya Meningkatkan Gizi Keluarga

Teks foto Bupati Sukiman, serahkan bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rohul ke kelompok tani wanita Lavender Desa Kumain Kecamatan Tandun Rp10.777.295 dari APBD 2020, disela pembagian BLT DD

PASIR PANGARAIAN- Upaya meningkatkan pengembangan pangan dalam memenuhi kebutuhan keluarga akan sayur mayur, masyarakat dihimbau memanfaatkan lahan perkarangan uoaya tingkatkan gizi keluarga.
Itu disampaikan Bupati Rohul H.Sukiman, saat menyerahkan bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rohul ke kelompok tani wanita Lavender Desa Kumain Kecamatan Tandun, Rabu (29/7/2020) sore, sebesar Rp10.777.295 dari APBD 2020, sekaligus melihat pembagian BLT DD di Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Rohul.
Bantuan diserahkan kepada Ny.Nety, perwakilan dari kelompok Lavender disela pelaksanan acara di Balai Desa Kumain, Kecamatan Tandun.
Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Barikun mrngakui,  kegunaan bantuan diberikan kepada kelompok wanita Lavender Desa Kumain Kecamatan Tandun, supaya ibu ibu kelompok tani tersebut bisa memanfaatkan lahan pekarangan untuk pengembangan pangan.
“Karena tersedianya sumber bahan pangan yang meningkatkan gizi keluarga, serta meningkatkan kualitas konsumsi pangan. Juga untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam berusaha tani secara berkelompok,” jelas Barikun.
Barikun juga menambahkan, alasan diberikannya bantuan ke kelompok tani wanita Lavender diberikan, dikarenakan di Desa Kumain memiliki potensi pengembangan berbagai tanaman sayuran. Kemudian setiap anggota kelompoknya memiliki lahan pekarangan dengan ukuran minimal 10 meter persegi sampai 40 meter persegi. Kelompok tersebut memiliki rasa tanggungjawab dan semangat untuk melaksanakan kegiatan pemanfaatan pekarangan,” sebut Barikun.
Kemudian terlebih lagi, kelompok tani wanita Lavender tersebut belah mengajukan proposal dan sudah terdaftar di Simluhtan (Sistim Informasi Manajemen dan Penyuluhan Pertanian).
“Dengan kegiatan pemanfaatan pekarangan untuk pengembangan pangan, bisa terpenuhinya kebutuhan keluarga akan sayur-mayur. Masyarakat Desa Kumain bisa termotivasi untuk melaksanakan pengembangan sayur-sayuran dan bisa hidup sehat dan kuat membangun desa” harap Barikun.
Bupati Rohul H.Sukiman saat menyerahkan bantuan ke kelompok tani wanita Lavender berharap dengan adanya bantuan maka ibu ibu kelompok tani bisa benar-benar memanfaatkan dana bantuan dengan baik, dipergunakan untuk tingkatkan kualitas bisa untuk membeli pupuk maupun benih yang belum ada di pekarangan.
“Saya berharap dan mengajak, agar kelompok lain melakukan hal yang sama sehingga dengan memanfaatkan lahan pekarangan saja masyarakat sudah tidak khawatir lagi akan kekurangan gizi, terlebih lagi di saat COVID-19 ini sangat dibutuhkan sekali kita memakan makanan bergizi yang berguna untuk meningkatkan ketahanan tubuh,” himbau Bupati Sukiman.
Dikegiatan itu, juga hadir sejumlah pejabat Eselon II Rohul, Kasi Konsumsi Pangan Azwar, SP, PPL Pendamping Kegiatan Purwanto, SP, Camat Tandun, Serta Para Kades se Tandun. (Adv/Pemkab Rokan Hulu).