Bupati Rohil , H. Suyatno  S.Map Jadi Saksi Penandatanganan Fakta Integritas Dengan TP4D

example banner

Ketgam. Penandatangan Fakta integritas antara Penghulu se Rohil dengan Kejari secara simbolis di saksikan Bupati Rohil,H.Suyatno,Ketua DPRD,Nasruddin,Kejari Rohil Bima Prayoga,Sekda Rohil Drs.Surya Arfan jyga di saksikan Perkomfida,jajaran Staf Kejari,BPK Keb.

Hindari Kades Masuk Penjara

BAGANSIAPIAPI, Riau Andalas. com  -Bupati H.Suyatno menjadi saksi penandatanganan Fakta integritas yang dilakukan oleh seluruh Kepala Desa (Penghulu) dengan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negri (Kejari) Kab Rohil,

Penandatangan tersebut di lakukan oleh kedua belah pihak dan secara simbolis pula di gedung serbaguna Bagansiapiapi.

Dalam Sambutannya,Bupati H.Suyatno S.Map, menyampaikan pesan bahwa ada beberapa hal yang menjadi catatan seluruh kepenghuluan dalam sosialisasi ini antara lain sudah banyak ditemui melalui pemberitaan dimedia massa bahwa banyak Kepala desa yang salah dalam mengelola keuangan desa hingga berurusan dengan pihak hukum.

‎Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, seluruh kepenghuluan yang ada di Kabupaten Rohil bisa membangun desa dengan baik untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa dan tidak ada lagi penghulu yang menjadi korban akibat adanya penyalahan gunaan pengguna Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD).

“Sudah ada gambaran yang menjadi contoh satu orang terkena proses hukum, saya berharap tidak ada penghulu lagi yang berurusan hukum gara-gara dana desa,” papar   H Suyatno.

Oleh sebab itu, kegiatan dilakukan serentak di seluruh Indonesia yang bekerjasama dengan Kejari. Terlebih lagi, pemerintah tahun ini juga melakukan penambahan anggaran dana desa karena banyak desa yang berhasil melakukan pembangunannya.

Untuk itu dengan tegas Bupati meminta agar komponen desa yang hadir mulai dari perangkat desa, Badan Pengawasan Kepenghuluan (BPKep), pendamping desa serta camat yang hadir untuk serius mengikuti acara ini untuk mendengarkan materi yang disampaikan langsung oleh Kajari Rohil ,Bima Suprayoga SH MHum.

“Kegiatan ini saya minta serius diikuti, penghulu tidak usah meninggalkan tempat. Karena ini semata untuk keselamatan kita semua demi menjaga martabat semua. Ikutilah kegiatan ini secara baik dan benar,” tegas Bupati.

Dalam arahannya Suyatno mengingatkan bahwa dalam penggunaan dana desa bukan saja di awasi oleh aparat hukum di kabupaten saja bahkan KPKRI  juga ikut mengawasi penggunaan DD ini sesuai arahan presiden.

“kita tau,perkembangan dana desa ini luar biasa, masyarakat sangat menginginkannya. Sekali lagi harapan kita semua dan masyarakat Rohil mari menjalankan tugas kita dengan baik dan benar,” pungkasnya.(ms)