Bupati Kampar Berharap Bisa jalin Kerjasama antara PT.SMB dengan Masyarakat.

example banner

KAMPAR,Riauandalas.com-Bupati Kampar yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. H. Yusri, M.Si. menerima kunjungan PT. Swasembada Mitra Bersama (SMB) diruang rapat Kantor Bupati Kampar lantai III, yang dihadiri direktur PT. SMB, pengurus KTNA Kampar, Dinas Pertanian Kabupaten Kampar, serta beberapa kelompok tani yang ada di kabupaten Kampar. Selasa. (27/10).

Kunjungan tersebut dalam rangka menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kampar agar menghimbau petani padi yang ada di kabupaten Kampar untuk menjual hasil panennya kepada PT. SMB dengan melakukan kerjasama yang saling menguntungkan antara petani dan Perusahaan.

Sekda Kampar menyambut baik bentuk kerjasama yang akan dilakukan PT. SMB untuk memberikan peluang bagi para petani padi agar lebih merasakan hasil panennya. Penawaran kerjasama antara PT. SMB dinilai Sekda Kampar sangat berpihak kepada kesejahteraan para petani di kabupaten Kampar, dalam hal ini selain kepastian pemasaran hasil panen, petani juga dapat merasakan manfaat dari teknologi traktor yang lebih efisien dan efektif dalam mengolah pertanian.

Yusri juga berharap kerjasama ini dapat melibatkan KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) Kabupaten Kampar agar kerjasama yang akan dilakukan dapat dirasakan oleh seluruh petani yang ada di kabupaten Kampar.

Sekda juga menginginkan kerjasama ini selain dibidang pengolahan hasil pertanian juga perusahaan dapat memperhatikan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan bantuan berupa CSR yang dapat dirasakan para petani Kabupaten Kampar.

Disisi lain Pemda Kampar sangat mendukung bentuk kerjasama yang akan dilakukan pihak PT. SMB dengan para petani maupun kelompok tani dengan tetap memperhatikan saling menguntungkan antara kedua belah pihak.

“Silahkan melakukan kerjasama dengan para petani, dengan tetap memperhatikan kesejahteraan para petani, dan saya berharap apabila kerjasama ini telah dibuat, pihak perusahaan dapat membantu petani berupa CSR serta bantuan lainnya yang dibutuhkan petani”ujar Sekda.

Direktur PT. SMB Winata dalam hal ini memaparkan bentuk kerjasama yang dilakukan bersama petani maupun kelompok tani untuk menggunakan alat panen pertanian milik perusahaan agar lebih efisien dan efektif serta saling menguntungkan. Sistem kerjasama yang akan dilakukan adalah dengan menggunakan alat traktor, baik itu dari mulai pembibitan, hingga seluruh proses penanaman dan diakhiri dengan proses penggilingan padi itu sendiri.

Dirinya juga mengatakan selama ini perusahaan telah melakukan kerjasama dengan petani Kecamatan Tapung, dan telah melakukan panen menggunakan alat perusahaan selama dua musim tanam, dan alat penggilingan padi dan hasil yang didapat lebih banyak dan cepat.

Dirinya juga mengharapkan Pemda Kampar memberikan peluang kepada PT. SMB untuk membuka ruang bagi seluruh petani yang ada di kabupaten Kampar untuk mengikuti kerjasama seperti petani di Kecamatan Tapung, selain membeli hasil panen para petani, PT. SMB juga memberikan bantuan sarana maupun prasarana yang dibutuhkan para petani, seperti pupuk, alat pertanian hingga penyuluhan bagi para petani yang membutuhkan.

Ditambahkan Winata, perusahaan dalam hal ini PT. BSM tentu saja tetap memperhatikan kesejahteraan petani di kabupaten Kampar, dengan memberikan pembelian hasil panen sesuai harga pasar, dan tidak akan merugikan para petani yang ada di kabupaten Kampar, dan PT. BSM dalam hal ini juga membuka kemungkinan penyaluran CSR bagi para petani yang membutuhkan bantuan dari perusahaan.(Am).