BPBD Rohul : Hingga Hari Ke 7 Pencarian Bocah Hanyut Belum Berhasil Ditemukan

example banner

ROKAN HULU, Riauandalas.com – Sampai hari ketujuh, tim gabungan dari Basarnas Provinsi Riau, BPBD Rohul, TNI/ Polri, serta masyarakat masih belum menemukan korban hanyut di kawasan Sungai Batang Lubuh, hingga Pencarian akan dihentikan sementara hal ini di sampaikan oleh ketua BPBD Rohul saat menggelar rapat koordnasi dengan sejumlah Pihak, di  Posko BPBD Rohul Kelurahan Pasir Pengaraian Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu,Senin (10/12/2018) Siang.

Kepala BPBD Rohul Suparno S Hut mengatakan,Basarnas pekan Baru telah menetapkan penghentian Pencarian korban, namun pihak Basarnas‎ siap untuk dihubungi kembali akan tetapi biayanya ditanggung oleh Pemda Rokan Hulu.‎
Dalam hal ini, Dinsos Rohul juga melakukan penyisiran  ‎terakhir hingga radius 20 km menelusuri aliran sungai Batang Lubuh,dan kembali dengan akses darat. ” ungkapnya.‎

Selanjutnya,BPBD Rohul ‎membantu 1 unit boat dan peralatan untuk memfasilitasi bagi warga maupun pihak keluarga korban apabila masih ingin tetap melakukan pencarian Bahkan BPBD Rohul juga memberikan relawan yang bisa mengoperasikan boat tersebut,
peminjaman ini terus dikoordinasikan apabila pihak Desa membutuhkan tenaga anggota BPBD  untuk membantu masyarakat, ‎Pusdalop selalu melakukan pantauan dan siaga bencana didaerah Rokan Hulu ” jelasnya.

Dari Pantauan Wartawan di lapangan, pencarian jasad korban hanyut,di sekitar aliran sungai batang lubuh terus diupayakan, namun korban tidak juga ditemukan,Pencarian dimulai dari tempat korban hanyut,  sampai menelusuri sepanjang sungai, bahkan di darat pun dilakukan pencarian, tetapi hasilnya masih nihil walaupun kadang ada tanda-tanda bau menyengat namun kita hanya mendapati bangkai anak sapi di tepian sungai ” Kata Suparno ‎.

Saat di konfirmasi wartawan via WhatApps nya Kepala BPBD Rohul Suparno S,Hut membenarkan pencarian korban hanyut dihentikan sementara, Ini sesuai kesepakatan bersama, pencarian sudah berjalan 7 hari namun belum ada tanda- tanda” hingga hari ini, tim belum menemukan korban,meskipun kita telah berupaya semaksimal mungkin

Pihaknya sudah melakukan pencarian di sepanjang sungai hingga mencapai belasan kilo meter,namun hasilnya masih nihil. “Kami minta doa kepada warga supaya bocah tersebut dengan cepat ditemukan,” pintanya.

Sementara itu, Kapolres Rohul AKBP M Hasym Rsahondua SIK M Si melalui Kapolsek Rambah AKP Hermawan mengatakan, pihaknya terus membantu tim gabungan untuk mencari bocah hanyut. Bahkan Bhabinkabtibmas Desa Babussalam setiap hari memantau di sana. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini korban bisa kita temukan,” Harapnya.

Diberitakan sebelumnya, Siti Zulekha alias Nayla (5 th),  warga RT 05 RW 01 Dusun Sebayak, Desa Babusalam Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu diduga hanyut terbawa arus, Rabu (04/12/2018). Sebelum kejadian naas itu, korban Pamitan buang air besar di belakang rumahnya. Lalu lama ditunggu tak kunjung pulang,keluarga korban menduga bahwa putri kesayangannya itu telah hanyut terbawa arus Sungai batang lubuh.
***( Alfian Tob)