BPBD Rohul Gelar Simulasi Bencana Alam Serentak Pada 26 April 2017

ROKAN HULU, Riau Andalas. com  – BPBD Dan Tim gabungan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Rabu (26/4/2017), menggelar simulasi serentak di Pasar Modern Kampung Padang, Pasir Pangaraian, sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam.

Kegiatan semulasi, libatkan Tim Rescue BPBD Rohul, Pemadam Kebakaran dari Satpol PP Rohul, Polres Rohul, Koramil 02 Rambah, PMI, Pramuka, Dinas Kesehatan, Puskesmas Rambah, Srikandi Damkar, dan pihak Pasar Modern Kampung Padang.

Sebelum digelarnya simulasi di Pasar Modern, Apel Siaga digelar dahuli di Taman Kota Pasir Pangaraian, kemudian tim gabungan selanjutnya bergerak ke lokasi. Bahkan disimulasi tersebut, seperti benar-benar seperti kejadian saat bencana, sehingga menjadi  pusat perhatian masyarakat sekitar dan pengguna jalan. Bahkan, petugas gabungan bahu membahu melakukan pemadaman api, evakuasi korban, hingga pengamanan lokasi.

Usai simulasi, Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto mengatakan, dari simulasi perdana, banyak yang perlu ditingkatkan. Kegiatan itu sendiri, merupakan kegiatan nasional. Dirinya memuji, kesigapan personil gabungan dalam penanggulangan bencana. Ia mengharapkan seluruh personil tetap kompak.

Kepala Pelaksana BPBD Rohul Aceng Herdiana mengakui, hasil penelitian di Jepang bahwa sekitar 31 persen keselamatan korban saat bencana karena kesiapan diri sendiri.

Ungkap Aceng, berdasarkan data Inaris BNPB, kawasan Rohul punya potensi bencana alam gempa bumi. Ia mengharapkan Pemkab Rohul dan tim gabungan siap menghadapi setiap bencana yang terjadi.

Karena, bencana alam menjadi tanggung jawab tiga elemen, yakni pemerintah, masyarakat, serta dunia usaha, sesuai lambang segitiga BPBD. Dari itu Aceng mengharapkan seluruh masyarakat dan dunia usaha ikut serta dalam penanggulangan bencana.

“Bencana tidak bisa kita tolak, namun yang bisa kita lakukan yakni mengurangi risiko yang ditimbulkan. Dari itu kita siap siaga dan siap selamat,” tegas Aceng.** ( Alfian )