BPBD Kabupaten Siak Adakan Pelatihan Desa Tangguh Bencana di Bandar Sungai.

SIAK,Riauandalas.com – Bertempat di Aula Kantor Penghulu Bandar Sungai Kecamatan Sabak Auh, BPBD Kabupaten Siak melalui Azwan selaku Kabid Pencegahan dan Kesiapan siagaan, melaksanakan pelatihan pembekalan (Destana) Desa Tangguh bencana Tahun 2019 di Bandar Sungai Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak, 

Kegiatan ini diselenggarahan mulai 23 April Sampai dengan Selesai.

Pembekalan dan pelatihan tersebut dihadiri oleh 30 peserta yang telah dinyatakan siap mengikuti pelatihan Destana di Aula kantor penghulu Bandar sungai, Selasa. ( 23/04/2019 )

Adapun Desa Tangguh Bencana adalah desa/kampung atau keluarahan yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi potensi ancaman bencana, Desa atau keluarahan itu juga diharapkan nantinya harus mampu memulihkan diri dengan cepat dari berbagai dampak bencana.

Pelatihan dan Pembekalan Destana ini bertujuan agar Pokja mendapatkan kiat untuk mendampingi setiap desa/kelurahan tangguh bencana yang sudah berjalan sejak tahun 2013 di Bandar Sungai Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak.

Keberadaan Peserta ini diharapkan dapat menguatkan program Destana, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak resiko bencana yang setiap saat bisa terjadi di daerahnya.

“Saya sangat apresiasi dan bangga dengan BPBD Kabupaten Siak yang menjadi pilot project Desa/Kelurahan Tangguh Bencana di Kabupaten Siak tahun 2019,” Ungkap Putra Fajar Penghulu Bandar sungai.

Ditambahkanya,” kami berharap pelatihan ini nantinya bisa berlanjut sampai nanti nya menuju Taman ( MPA ) Masyarakat Peduli Api” Ungkap Penghulu Kampung Bandar sungai Putra Fajar saat menghadiri kegiatan pelatihan dan pembekalan tersebut.

Materi pembekalan yang diberikan dalam pelatihan antara lain Kebijakan Nasional Desa/Kelurahan Tangguh Bencana, Pengembangan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana Membangun Ketangguhan Masyarakat Multi Pihak, Manajemen Dasar Penanggulangan Bencana,
Pengembangan Forum PRB Desa, Peran dan Fungsi Pokja Desa dan Penyusunan Rencana Kontijensi Desa.

Selanjutnya adalah materi tentang Peringatan Dini Serta Evakuasi, Penyusunan Rencana PB dan Rencana Aksi Komunitas dan Karakteristik Bencana di Bandar Sungai Khususnya.

BPBD Kabupaten Siak selaku pantia pelaksana kegiatan yang Di wakili Kabid Azwan yang juga menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten.

Selanjutnya hadir dalam acara tersebut Camat Sabak Auh AMIN SOIMIN, SH. M.SI yang sekaligus Membuka acara Pelatihan DESTANA, dan Kapolsek Sabak Auh Iptu ISWANDI turut serta dalam acara tersebut.

Sementara itu, Peserta Pembekalan dan Pelatihan Endang Nengsih (Bidan Desa) menyampaikan bahwa pembekalan tersebut sangat berguna dalam mengetahui perkembangan program destana di Bandar Sungai ini serta motivasi agar semakin tangguh dalam mendampingi desa/kelurahan. ( fendi/ biro )

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "BPBD Kabupaten Siak Adakan Pelatihan Desa Tangguh Bencana di Bandar Sungai."