BLT Lebih Besar Dari BL. Pemprov Riau Berharap Biaya SPPD Pejabat Inhu Dirampingkan 

INHU,Riauandalas.com-
Pemerintah Provinsi Riau berharap biaya perjalanan dinas dan atau belanja tidak langsung (BTL) Pemkab Indragiri Hulu  dari APBD II Pemkab Indragiri Hulu  tahun anggaran (TA) 2018 sebesar Rp 1,398 Triliun dirampingkan.

Sebab selama verifikasi anggaran digelar, tim verifikasi Pemprov Riau melihat belanja tidak langsung (BTL) atau biaya rutin di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Inhu justru lebih besar dari belanja langsung tunai (BL).

Seyogyanya, formulasi APBD itu harus di dominasi belanja langsung (BL) untuk pembangunan fisik, ungkap Sekda Provinsi Riau, Ahmad Yazizi, Senin (22/1’2017).

Namun demikian, kata Sekda Prov, total BL dan BTL di APBD II Inhu tahun anggaran 2018 sebesar Rp 1,398 Triliun tidak ada masalah bahkan bahkan verifikasinya
sudah rampung.

Hanya saja,  kata Sekda Prov, APBD II Inhu tahun anggaran 2018 sebesar Rp 1,398 Triliun tersebut perlu perbaikan khususnya mata anggaran belanja  langsung di beberapa OPD.  Angkanya saya lupa, dan biar lebih jelasnya coba tanya Kepala BPKAD, Pak Syahrial, timpal Sekda Prov.

Sayang,  Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemprov Riau  Syahrial Abdi dikonfirmasi lewat seluler hingga saat ini belum ada respon.

Plt Sekdakab Inhu Ir H Hendrizal MSi membantah adanya  rasionalisasi anggaran 2018 sebesar 5 persen. Tidak benar,  itu isu sesat yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, tepis Hendrizal.

Namun demikian, Plt Sekdakab tidak membantah pesan dari tim Verifikasi Pemprov Riau berharap kepada TAPD Pemkab Inhu melakukan perampingan biaya SPDP di beberapa OPD.

Contohnya biaya perjalanan dinas di Sekwan itu terlalu besar dan diminta untuk dipangkas, ungkap Plt Sekdakab.

Pengakuan serupa dikatakan Plt Kepala BPKAD Pemkab Inhu, Ibrahim Alimin. Verifikasi di Pemprov Riau sudah rampung dan tidak ada perubahan angka APBD, singkat Ibrahim Alimin.

Sedangkan ketua DPRD Kabupaten Inhu Miswanto mengatakan, DPRD Inhu belum menerima laporan perkembangan APBD dari  tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Pemkab Inhu pasca verifikasi.

Saya belum tau perkembangannya dan hingga saat ini TAPD belum ada melaporkan perkembangan verifikasi, tutup Politisi Golkar Inhu itu. **  js .