Blanko Kosong, 5000 Warga Tenayan Raya Tak Miliki e-KTP

Tidak ada komentar 672 views

 

SAMSUNG CAMERA PICTURES
Pengurusan e-KTP terhitung Januari 2016
Surat keterangan tidak berfungsi

Pekanbaru, Riau Andalas.com– Lebih kurang 5000 warga Kecamatan Tenayan Raya tak miliki e-KTP. Hal tersebut disebabkan kosongnya blanko e-KTP di Dinas Kependudukan Kota Pekanbaru yang hingga kini belum ada informasi kepastian penerbitan. Sehingga masyarakat kewalahan untuk urusan yang berhubungan dengan e-KTP, termasuk dalam bepergian keluar daerah.

Menurut Kepala UPTD Disdukcapil Kecamatan Tenayan Raya Sri Indrawati S.Sos, keterlambatan pengurusan e-KTP masayarakat tersebut, sudah berjalan lebih kurang tujuh bulan terhitung Januari tahun 2016. Dimana masyarakat hanya diberikan surat keterangan pengurusan. Sementara informasi dari Dinas Kependudukan Kota Pekanbaru belum ada kepastian yang juga disebabkan beluim adanya informasi dari pemerintah pusat terkait kekosongan blanko di Riau.

“Jumlah 5000 itu terhitung dari bulan Januari 2016 lalu. Dimana selama tahun 2016 ini memang belum ada penerbitan e-KTP baru,” kata Sri kepada Riau Andalas.com Kamis (14/7).

Untuk pegangan masyarakat, memang pihaknya telah memberikan surat keterangan pengurusan berbentuk surat keterangan WNI pada masyarakat. Namun sesuai informasi dan keluhan dari masyarakat, surat keterangan itu tidak bisa digunakan, karena ada beberapa pengurusan yang dilakukan masyarakat tidak bisa menggunakan surat keterangan yang harus e-KTP asli.

“Kita juga bingung menanggapinya, habis kita juga tidak bisa membuat keputusan karena yang mengeluarkan e-KTP itu Disduk kota. Sementara sampai hari ini blanko masih kosong,” papar Sri.

Lebih jauh Sri menyampaikan, untuk informasi kekosongan blanko ia pernah dapat kabar akan keluar bulan Agustus 2016 mendatang. Namun, itu baru sekedar informasi yang belum bisa dipastikan. Kendati demikian, ia sangat mengharapkan info itu benar adanya. Agar pengurusan e-KTP masyarakat tidak semakin larut dan lama.

“Memang ada informasi itu, tapi kita tidak bisa juga memastikan. Untuk itu, kita berharap benar dan bisa menuntaskan permasalahan masyarakat kita yang tidak memiliki e-KTP ini,” tuturnya. (Dri)**

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Blanko Kosong, 5000 Warga Tenayan Raya Tak Miliki e-KTP"