Bersama Ratusan Masyarakat Mantan Bupati Rohul Achmad Panen kelengkeng Perdana

ROKAN HULU, Riauandalas.com – Drs. H. Achmad, M.Si bersama masyarakat Rokan Hulu (Rohul), panen buah kelengkeng perdana di Kawasan Agro wisata lengkeng Rizki Ahmadi Putra, di Dusun Kubu Manggis Desa Rambah Tengah Barat Kecamatan Rambah.

Kegiatan panen kelengkeng perdana di luas areal sekitar 3,5 hektar, disaksikan ratusan masyarakat Rohul, ‎yang juga ingin mencicipi kelengkeng dengan jenis unggul. Ratusan masyarakat memadati kawasan Kawasan Agro wisata lengkeng Rizki Ahmadi Putra, untuk ikut memanen dan mersakan manisnya buah kelengkeng unggul ini.

Mantan Bupati Rohul Drs.H. Achmad, M.Si yang juga tokoh masyarakat Rohul mengaku,  lengkeng yang ditanamnya di Kawasan Agro wisata lengkeng Rizki Ahmadi Putra, merupakan jenis kelengkeng ITO, yang bersal dari Yogyakarta.

“Di areal sekitar 3,5 hektar ini sudah kita tanam jenis Ito yang berasal dari Yogyakarta  dengan harga bibir per pohonnya Rp75 ribu,” kata Achmad, didampingi Anggota DPRD Riau dari Fraksi Demokrat Hj Maghdalisni, Minggu (31/3/2019).

Dikatakan Achmad lagi, keunggulan dari lengkeng jenis ITO ini,  dari sisi umur cukup cepat  untuk masa panennya, dimana 2 tahun 2 bulan sudah berbuah dan bisa dipanen, dengan  syaratnya air jangan kurang dan pupuk kandang.

“Air jangan sampai kurang dan setiap batangnya mesti ada air, terlebih musim kamerau. Untuk usia produktifnya mencapai umur 40 tahun, dengan catatan di rawat,” imbuhnya.

Lebihlanjut dijelaskanya, untuk puncak produksinya atau masa keemasanya itu apabila sudah mencapai umur 4 tahun, dengan hasil produksi per batangnya bisa mencapai 100 Kilogram (Kg) per 6 bulan.

Saat ini harga lengkeng jenis ITO 1 Kg nya dihargai Rp 50 Ribu, tentunya ini merupakan tanaman yang menjanjikan ketimbang pohon sawit.

Kemudian menurut Achmad, panen bersama dilakukan bertujuan memberikan contoh kepada masyarakat bahwa tidak hanya pohon sawit yang bisa memberikan penghasil tetap, tapi Kelengkeng bisa lebih menghasilkan.

“Jadi pemasaran lengkeng ini juga tidak sulit dan setiap tahun nya bisa panen dua kali, dan ini sangat bagus untuk dikembangkan bagi masyarakat ditengah keterpurukan harga TBS sawit,” tegasnya.

Mantan Bupati Rohul dua priode ‎ini berharap, dengan panen bersama buah lengkeng tersebut maka bisa memberikan pemahaman masyarakat, bahwa menanam buah-buahan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Bibit unggul lengkeng jenis ITO ini selain buahnya besar, rasanya manis, dagingnya tebal dan yang pasti bijinya sangat kecil. Jadi sangat enak untuk di konsumsi,” ujarnya.***(Alfian Tob)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Bersama Ratusan Masyarakat Mantan Bupati Rohul Achmad Panen kelengkeng Perdana"