Bersama Masyarakat, Babinsa Koramil 07/Reteh Padamkan Api Yang Membakar Rumah Warga

example banner

RETEH, Riau Andalas. com  – Bencana kebakaran kerap terjadi dimanapun tempatnya, tanpa bisa diketahui dan diprediksi. Namun dalam penanganannya sangat memerlukan kecepatan agar tidak menimbulkan kerugian besar bagi masyarakat yang mengalaminya.

Seperti yang terjadi pada hari Senin 18/09/17, telah terjadi kebakaran di wilayah Parit 1 Desa Kotabaru Seberida. Dugaan sementara kebakaran disebabkan adanya konsleting listrik atau arus pendek di salah satu rumah lalu api merambat dengan cepat hingga membakar 9 rumah penduduk.

Saat kejadian tersebut atas informasi penduduk, Babinsa Kotabaru Seberida Koramil 07/Reteh segera menuju lokasi kebakaran. Dengan sigap, babinsa mengarahkan penduduk untuk segera bergerak menyelamatkan barang-barang berharga, sekaligus memadamkan api dengan cara sederhana agar api tidak menghabiskan lebih banyak rumah warga lagi.

Dalam situasi panik yang dialami masyarakat, Babinsa harus mampu segera menyesuaikan dan berpikir cepat untuk membantu masyarakat karena tanpa komando masyarakat akan kebingungan untuk mengerjakan apa yang harus dikerjakan.

Serda Samsulrijal mengatakan bahwa masyarakat haruslah mendapatkan sosialisasi dan pengarahan menghadapi situasi seperti ini, sebagai langkah antisipasi agar bisa segera menyelamatkan diri dan keluarga serta bisa menangani dan melakukan hal-hal penting untuk meminimilkan kerugian korban jiwa dan harta benda.

“Namun yang terpenting, masyarakat haruslah tahu bahwa langkah pencegahan lebih utama daripada mengatasi, maka masyarakat harus paham dan patuh terhadap aturan terutama terkait penggunaan listrik, agar tidak terjadi kebakaran,” pungkas Babinsa Serda Samsurijal.(Pw)