Bantu Perekonomian, BRK Segera Luncurkan 3 Program Mikro

Tidak ada komentar 445 views
Bank Riau-Kepri

Bank Riau-Kepri

Program Bunga Satu Digit”

Pekanbaru, Riau Andalas.com– Bantu perekonomian masyarakat, Bank Riau Kepri (BRK) segera luncurkan tiga program Mikro. Yaitu, Progra Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Repleting Sawit dan BRK Peduli.

Sedangkan untuk sasaran program tersebut, adalah masyarakat pengusaha mikro yang merupakan binaan pemerintah, masyarakat perkebunan kelapa sawit, dan juga berekonomi rendah yang ada didaerah.

Menurut Kepala Divisi Kosumer dan Mikro Bank Riau Kepri, M. Ezwar Hendry, program tersebut merupakan prigram yang diwacanakan pemerintah. Dimana penyaluranya dengan bunga rendah sebesar 9 persen atau dibawah 10 persen sesuai yang diprogramkan Presiden RI Jokowidodo dengan nama “bunga satu digit”.

“Dua minggu lalu, pemerintah sudah menyetujui program tersebut. Dimana untuk peluncuran tahap awal tahun 2016 ini akan dilucurkan prigram KUR dulu, yaitu awal Juni 2016 mendatang. Dengan anggaran sebesar Rp250 Miliar,” kata Ezwar kepada Wartawan Jumat (20/5) diruangannya.

Dijelaskanya, penyaluran program Mikro oleh BRK tersebut, juga bekersama dengan pihak kabupaten kota. Seperti pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan. Dimana persiapanya sudah berjalan tinggal penyusunan untuk peluncuruan. Sedangkan untuk target penyaluran, BRK tidak memberikan target yang bisa menampung berapa saja. Karena jika ditargetkan hasilnya bisa tidak maksimal karena ada keterbatasan dalam penyaluran pada masyarakat yang dihukum oleh target yang harus dibagi-bagi.

“Memang saat ini anggaran Rp1 Miliar itu termasuk kecil. Tapi tidak masalah, karena permasalahan yang bisa diajukan kembali penambahanya,” jelas Ezwar.

Terkait peluncuruan Kredit Replenting Sawit, dan juga BRK Peduli katanya, semua juga ada kerjasama dengan pihak kabupaten kota. Seperti Replenting Sawit yang berkerjasama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Sedangkan untuk BRK peduli bisa secara umum yang intinya usaha masyarakat itu berbadan hukum.

“Intinya program ini, dalam hal ini membantu pengusaha mikro yang ada didaerah. Dengan tujuan perekonomian masyarakat bisa lebih meningkat sesuai harapan pemerintah kedepan,”

“Sementara, pelaksanaan program tersebut juga merupakan program yang sudah diselenggarakan lebih kurang 19 BPD di Indonesia. Dimana saat ini BRK masuk dalam 19 Bank yaang memiliki penyaluran program mikro itu,” tutu Ezwar.