Bangun TK Dengan Biaya Terjangkau, Tingkatkan Pendidikan Sejajar di Perkotaan

ROKAN HULU,Riauandalas.com– Saat ini, biaya pendidikan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terbilang cukup lumayan tinggi. Karena, untuk masuk sekolah tingkat Taman Kanak-kanak (TK) maupun sejenisnya para orang tua harus mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah.

Agar bisa mendapatkan pendidikan yang standart dan terjangkau namun pendidikannya bisa sejajar dengan pendidikan di Perkotaan, kini TK Islam Zaliyah di Desa Koto Tinggi Kecamatan Rambah menjadi inspirasi bagi masyarakat agar anak mereka bisa mendapatkan pendidikan yang layak.

Sejumlah kaum ibu di Desa Koto Tinggi mengaku, kini mereka bisa lega karena anak-anak mereka bisa mendapatkan pendidikan di tingkat TK yang layak dengan biaya yang standrt, bahkan terbilang murah dibandingkan TK di Rohul.

“Kita sangat berterima kasih ke pengelola TK Islam Zaliyah, sejak di dirikannya sekolah tersebut, kini anak-anak terutama di desa kami sudah bisa mendapatkan pendidikan yang layak dan murah. Karena selama ini, untuk mendaftar masuk sekolah TK orang tua harus mengeluarkan biaya diatas sejuta lebih, bahkan ada yang hampir dua jiutaan. Itu baru untuk pakaian dan kelengkapan, belum biaya per bulannya,”

“Di bawah Yayasan TK Islam Zaliyah yang dikelola Ibu Ham Sanah, kita terbantu sekali. Apalagi dengan kondisi masyarakat yang ekonominya sulit saat ini, tentunya sangat membantu sekali bagi masyarakat kecil seperti kami ini,” terang Yuni, salah seorang masyarakat, saat di temui wartawan media ini, Senin (19/2/2018).

Bahkan konsep TK yang di bina Ham Sanah yang juga menjabat sebagai Kasi di Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Disdikpora) Rohul, dengan menabung Rp 1000 atau Rp 2000 per hari, maka orang tua akan bisa langsung mendapatkan pakaian (baju) serta buku pelajaran tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk bisa masuk TK.

Sementara Menurut Ham Sanah yang juga mantan kepala SDIT Yaya  saat Ditanya konsep yang dibuat dalam menjalankan pendidikan TK Islam Zaliyah, dirinya mengaku,bahwa tujuan membangun TK tersebut memang untuk membantu masyarakat agar anak mereka bisa diberikan pendidikan yang layak tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

“Dengan konsep pendidikan murah yang kita berikan di TK Islam Zaliyah, anak-anak bisa mendapatkan haknya untuk belajar. Ini konsep yang kita buat, bagaimana pendidikan di desa terutama tingkat TK bisa sejajar majunya dengan pendidikan yang ada di perkotaan namun dengan biaya murah,” terangnya.

Ham Sanah, mempersilahkan bagi para orang tua untuk menyekolahkan anak mereka di TK yang mereka bina, tanpa harus memikirkan biaya mahal. Karena, TK tersebut bukan hanya mendidik anak-anak di Desa Koto Tinggi saja, anak dari desa lainnya juga dibolehkan bessekolah disana. Karena, intinya TK yang dibina nya memang untuk mendidik anak-anak sejak usia dini, agar bisa menjadi anak yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa.

Selain berfungsi untuk pendidikan anak anak TK, gedung TK Islam Zaliyah juga setiap Jumat dan Sabtu difungsikan untuk Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) untuk mendidik anak-anak putus sekolah kejar paket C. ” katanya”

**( Alfian)