Anggota TNI ini Pelopori Pembuatan Pupuk Organik

Tidak ada komentar 269 views
example banner

Sertu M. Ridwan, Babinsa Desa Sekayan saat memberikan arahan.

Inhil,Riauandalas.com-Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Kemuning, Kodim 0314/Inhil,  Sertu M. RIDWAN  memberikan pendampingan dan menjadi Pelopor pembuatan pupuk organik dari kotoran dan urine sapi terhadap kelompok tani Sekayan Subur dan Kelompok Tani Jalai Makmur di Desa Sekayan Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri hilir – riau, pada Jum’at (01/03/2019).

Kegiatan itu bertujuan untuk menekan tingginya biaya pembelian pupuk yang selama ini menjadi kendala bagi para petani di Desa Sekayan, serta memanfaatkan Sumber Daya Alam yang tersedia.

Sertu M. RIDWAN selaku tenaga pendamping mengatakan, Pupuk organik ini dibuat tanpa bahan kimia sehingga sangat membantu para petani mengurangi dampak lingkungan, pupuk organik juga memiliki banyak manfaat penting, yakni meningkatkan kesuburan tanaman, memperbaiki dan meningkatkan kualitas kandungan organik di dalam tanah sehingga tanah menjadi gembur, menjaga ketersediaan unsur hara di dalam tanah, dan mengurangi polusi serta dampak sampah di lingkungan.

“Selain memiliki banyak manfaat, penggunaan pupuk organik  juga memiliki banyak keuntungan yaitu Praktis dalam aplikasinya di lapangan dan tidak ada efek negatif bagi tanaman dan hewan ternak, hasil panen pun lebih Memuaskan, “ kata Sertu M. RIDWAN.

Pakde Prapto yang salah satu anggota Poktan Jalai Makmur mengatakan, Kelompok Taninya merasa bangga terhadap pendampingan yang dilakukan oleh pak Babinsa, selalu memberikan trobosan inovatif seperti kegiatan yang dilakukan saat ini.

“Kami sangat bangga terhadap pak Babinsa yang memberikan inovatif kepada kami, dengan mempelopori pembuatan pupuk organik, sangatlah membantu para petani didesa kami. Semoga ini sangat bermanfaat, kami tak perlu lagi membeli banyak pupuk kimia, dan ini dapat menekan biaya dalam pertanian. Hasilnya kami bisa mendapat banyak keuntungan karena menggunakan pupuk ini,” terang Pakde Prapto.

Sementara itu ditempat terpisah, Danramil 09/Kemuning Kapten IMAM mengemukakan, kegiatan yang di lakukan Anggotanya merupakan bakti terhadap masyarakat, maka dari  rasa baktinya tersebut akan timbul kreatif dalam membantu masyarakat.

*Jp.