Berita utamaHukum&KriminalRohil

Polres Rohil Dan TNI Bersama Forkopimda Gelar Apel Kesiap Siagaan Antisipasi Bencana Alam.

Rokan Hilir, Riau Andalas Com -Polres Rohil Jajaran Polda Riau bersama Forkopimda gelar Apel kesiap siagaan antisipasi bencana alam.

Apel siaga antisipasi bencana alam dilaksanakan dilapangan MTQ Batu Enam,Bagan Siapiapi ,Kab.Rokan Hilir (Rohil) ,Senin, (9/11/2020) sekira pukul 07.30 Wib.

Kegiatan tersebut dihadiri Pjs. Bupati Rohil Rudyanto,SH.M.Si, Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Agung Rahma Wahyudi,SIP.MI.Pol ,Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto,S.I.K,S.H, Kajari Rohil  Gaos Wicaksono,S.H,M.H,Ketua PN Rohil Andri Simbolon,S.H.M.H, Danyon pelopor Brimob Kompol Dody Wirawijaya,S.I.K,Kabag Ops Polres Rohil Kompol Lumban Gaol, Lanal Dumai/Posal Bagan Siapiapi Letda Laut KH Justin beserta Anggota,Kasat Polair Polres Rohil AKP Sapto.H beserta anggota, Wadanramil 01 Bangko KAPTEN Tayung Chan,Asisten I Drs Fery H Parya,M.Si,Asisten III H.Ali Asfar,S.Sos. M.Si, Para pejabat tinggi pratama, Administrator,Ka BPBD Rohil Ari Dharma,Ka Dinsos, Kadishub Rohil Jasriyanto,Kadiskes Rohil Ahmad jusuf,Basarnas Rohil,Ormas,Organda dan Para Kapolsek jajaran Polres Rohil.

Dalam  amanatnya,Pjs Bupati Rohil  Rudyanto,S.H.M.Si  menyampaikan, bahwa bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang dipengaruhi oleh faktor cuaca seperti banjir tanah longsor maupun bencana lain yg ditentukan dari cuaca, apalagi saat ini Indonesia memasuki musim hujan yang puncaknya diperkirakan terjadi pada Januari hingga Maret tahun depan.

Upaya untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi diantaranya memperkuat siaga bencana yang bisa dibentuk oleh masyarakat komunitas, pelajar sekolah dan instansi yang dilatih untuk mengenal ciri-ciri bencana alam ,cara mengantisipasi dan langkah-langkah penyelamatan selanjutnya perlu dilakukan mitigasi bencana struktural berupa membangun kanal untuk mencegah banjir.”terangnya

Apel kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi yang kita selenggarakan saat ini adalah merupakan langkah konsolidasi dengan berbagai elemen bangsa di daerah ini guna membangun kemitraan serta kesadaran bersama dari seluruh elemen bangsa sehubungan dengan kondisi tersebut di atas pada kesempatan apel kesiapsiagaan ini saya dan juga Kapolres Rohil, Kejari Rohi,Dandim 0321 Rohil beserta Forum komunikasi pimpinan daerah Kabupaten Rokan Hilir lainnya, menghimbau kepada seluruh komponen dan elemen bangsa dan segenap lapisan masyarakat, mari kita rapatkan barisan menjalin kebersamaan bahu-membahu dan mencegah serta mengurangi risiko bencana hidrometeorologi khususnya di wilayah Kabupaten Rokan Hilir.”imbuhnya

Sementara usai kegiatan Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto,S.I.K,S.H, melalui Kasubbag humas Polres Rohil AKP Juliandi SH  mengatakan, kegiatan apel siaga bencana tersebut dalam rangka kesiap siagaan Polri dan TNI  beserta Forkopimda dalam mengantisipasi bencana alam di wilayah hukum Polres Rohil.

Sambungnya, melalui apel siaga bencana ini menjadi sarana untuk berkoordinasi dan meningkatkan kapasitas daerah sarana prasarana dari berbagai unsur agar mampu bersinergi dalam penanggulangan bencana.

TNI dan Polri bersama Forkompinda dan Instansi lainnya tetap selalu berkoordinasi terkait penyamaan persepsi dalam penanganan bencana alam di wilayah kab. Rohil” Hal ini dilakukan agar kita harus dan selalu siap siaga dan menyamakan persepsi dalam penanganan bencana alam di wilayah kita ini.  Sehingga apabila kejadian bencana alam kita bisa cepat mengantisipasi dampak akibat dari bencana tersebut ” terang Kapolres,” kata kasubag humas AKP Juliandi.

Masukan dari masing – masing Forkominda yang menjadi prioritas dalam penanganan bencana alam di wilayah yang jarak tempuh yang cukup jauh sehingga memerlukan waktu untuk sampai ke lokasi harus ada relawan tangguh dimasing-masing Kecamatan atau Kepenghuluan untuk membackup terlebih dahulu menunggu perkuatan dari Kabupaten”terang juliandi.

Kapolres menambahkan, Apel kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi yang kita selenggarakan saat ini adalah merupakan langkah konsolidasi dengan berbagai elemen bangsa di daerah ini guna membangun kemitraan serta kesadaran bersama dari seluruh elemen bangsa.”pungkas Juliandi.(Rls / Said)**