Diduga Pembangunan Bagian Lantai 3RKB SDN 011 Parit Aman Rohil Tidak Pakai Besi Angker.

example banner

Rokan Hilir, Riau Andalas Com –  Berdasarkan laporan masyarakat, Bangunan (bagian lantai) Rehab 3 Ruang kelas belajar (RKB) Sekolah Dasar Negri 011 Parit Aman kecamatan Bangko yg terlihat megah dan Wah di duga tidak menggunakan besi angker, kalau pun ada di duga tidak layak.

 

Padahal berdasarkan informasi didalam bestek tertulis jelas bahwa pekerjaan pembangunan lantai 3 RKB Sekolah Dasar Negri 011 Parit Aman kecamatan Bangko DAK Fisik 2019 tercantum menyatakan menggunakan besi angker ukuran Delapan (8)

 

Menindaklanjuti Informasi yang di dapat awak media online sinarpagiindonesia.com meminta keterangan ketua komite SDN 011 Parit Aman Rs, ketika di konfirmasi Sinarpagiindonesia.com (1/7/2020) di rumah kediamannya. Ia mengaku bahwa dirinya dalam pelaksanaan pembangunan tak ada atau tidak pernah di libatkan, dirinya selaku ketua komite hanya di beritahu melalui lisan saja tapi walaupun tak di libatkan ketua komite bisa pula tahu persis kalau pekerjaan pembangunan di buat bagus dan kayu yang di gunakan untuk plafon adalah kayu putih (kayu ramin)

 

“Memang sebetulnya begitulah, sayangnya bila ada pebangunan tidak ada kerjasamanya (kerjasama dengan pihak Komite maksudnya) tapi mengenai pembangunan, beliau (Suami kepsek sebagai pelaksana utama) memang teliti dan bagus. tutur Ketua Komite

 

Selanjutnya nara sumber lain yakni kepala tukang Pembangunan SDN 011 Parit Aman inisial IS ketika di konfirmasi pertama sekalinya sangat yakin mengatakan bahwa ketiga lantai RKB yang di kerjakannya sama sekali tidak menggunakan besi tetapi di penghujung sesi tanya jawab melalui via telepon inisial Is sepertinya berkelit dan kembali membela badannya. ketika di tanya mengenai kayu plapon dari kayu apa langsung IS membela dari kayu merah meranti.

 

“Pakai besinyo bang, cuman kami buat jarak jarak 25. semuanya pakainya tapi kami Solak, karenakan pakai tanah dan dasarnyakan lapangan Volli, jadi kata bapak tu (Suami Kepsek) jarang jarang kan saja besi angkernya tak masalah kata bapak tu.pungkasnya.

 

Seandainya inisial Is melindungi diri dan koleganya dengan tidak mengatakan hal yang sebenarnya itu sah sah saja, tapi keterangan lain dari anggota pekerja Inisial OB (buruh harian lepas) mengatakan bahwa di duga ke tiga Lantai RKB SDN 011 memang tidak menggunakan besi angker seperti yang di perintahkan oleh bestek dan orang Disdikbud Rohil pun tahu itu.

 

” Tidak ada pakai besi angker seperti yang do bestek. ungkapnya yakin.

Pertanyaannya, kemanakah penanggung Jawab, pengawas dan PPTK dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hilir serta TP4D saat pengecoran lantai tiga RKB SDN 011 yang diduga tidak menggunakan besi angker? Bolehkah pihak swakelola meniadakan besi angker pada lantai tersebut, kalau boleh apa dasar hukumnya karena sudah mengangkangi bestek ?

 

Guna memastikannya, awak media sinarpagi.com berusaha keras mengkonfirmasi beberapa pihak yang mengetahui pasti seluk beluk proses Pembangunan yang berasal dari Dana DAK fisik 201,9, Antaranya Kabid SD, PPTK namun sayang ketika di konfirmasi Kabid SD Disdikbud Rohil tidak bisa di hubungi, kuat dugaan nomor kontak awak media sinarpagiindonesia.com sudah di blokirnya.

 

Berlanjut ke PPTK dana DAK Fisik Sunaryanto, ketika di konfirmasi Selasa (4/7/2020) terkait dugaan tidak adanya besi angker pada lantai 3RKB SDN 011 mengaku sudah bekerja dengan sungguh dalam melaksanakan kegiatan pelaksanaan dana DAK Fisik 2019 hanya saja ketika di mintai menunjukkan photo saat kegiatan pengecoran 3 lantai RKB SDN 011, Sunaryanto S.Pd selaku PPTK masih mencari photo tersebut dengan Kepala sekolah. Sementara selaku PPTK kegiatan dia mengaku tidak ada memegang atau mendokumentasikan kegiatan tersebut.

 

“Yang jelas pada pekerjaan tersebut saya suruh sesuai bestek, Photonya ada sama kepala sekolah. bebernya. (Sumber spi/bambang).

 

Sejauh itu ketika dijumpai Riau Andalas Com Kabid SD Dan PPTK Dana DAK 2019, Disdikbud Kabupaten Rokan Hilir, Rabu 05 Agustus 2020, Sekira  lebih kurang pukul 15, Wib, untuk mencari kepastian adanya diduga pembangunan bagian lantai 3RKB SDN 011 Parit Aman tidak menggunakan besi Angker. Setelah dijumpai Ternyata tidak ada ditempat melainkan juga Staf Kabid SD memberi tahukan bahwa Kabid lagi ada agenda di Mes Pemda Rokan Hilir.

 

Sehubungan dengan ini maka berita ini diterbitkan.(Said)***