800 Personel Gabungan, Disiagakan Menjelang Natal dan Tahun 2019 di Rohul


ROKAN HULU,Riauandalas.com – Untuk‎ mengamankan Natal dan tahun baru 2019 ,Kepolisian Resor kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menyiagakan 800 personel gabungan.

Kapolres Rokan Hulu AKBP M Hasym Risahondua SIK M Si,mengatakan 800 personil yang disiagakan terdiri dari Kepolisian,TNI, Dishub, Satpol PP, Dinkes, Senkom, Pramuka, dan instansi terkait lainnya, hal ini diucapkannya ‎usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Muara Takus 2018 yang dipusatkan di Taman Kota Pasir Pangaraian, Jumat (21/12/2018) pagi.

Dalam apel Gelar Pasukan Ops Lilin Muara Takus, juga dihadiri Bupati Rohul H. Sukiman diwakili Asisten II Setda Rohul Muhammad Ruslan, Pabung Rohul Kodim 0313 KPR Mayor Inf Reflis Jon,perwakilan Kejari Rohul, serta pejabat Forkompinda.

Juga tampak hadir kasat Pol pp Andi Anto SH MH,Kalapas Kelas IIB Pasir Pangaraian M. Lukman, Amd, Ip,SH M.Si Kasi Pidum Kejari Rohul Anom, Kepala Dishub Sofwan, serta para perwira di jajaran Polres Rohul, termasuk para Kapolsek.

Kapolres Rohul AKBP M. Hasyim Risahondua menerangkan pada pengamanan natal dan pergantian tahun dari 2018 ke tahun 2019, pihaknya melibatkan 800 personel dari berbagai unsur, seperti TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, Dinkes, Senkom, serta instansi terkait lain.

Petugas gabungan akan bertugas melaksanakan pengamanan selama 10 hari ke depan, mulai hari ini, Jumat 21 Desember 2018, dan baru berakhir 1 Januari 2019.

Hasyim mengatakan ‎fokus Ops Lilin Muara Takus 2018 yakni mengamankan tempat-tempat ibadah, objel wisata dan tempat keramaian lain, apalagi Perayaan Natal dan pergantian tahun baru juga bertepatan dengan libur sekolah.

“Kita terjunkan 800 personel yang tersebar di seluruh Rokan Hulu untuk melakukan pengamanan di tempat ibadah saudara kita yang beragama Nasrani, dan tempat keramaian,” ungkap Kapolres.

Sedangkan untuk pengamanan tempat ibadah umat Nasrani atau gereja, Polres Rohul akan menempatkan 7 personel polisi tersebar di 60  gereja, dibantu personel TNI, Satpol PP dan personel dari instansi lain.

Ditambahkannya, untuk Ops Lilin Muara Takus 2018, pihaknya menyediakan 4 Pos Pelayanan dan pengamanan. Satu pos di seberang Masjid Agung Islamic Center Rohul, sedangkan 3 pos lagi, yakni di Simpang Tri Brata Kecamatan Tandun, Simpang Jalan Lingkar dekat Rumah Sakit Surya Insani Pasirpangaraian, serta di Dalu-dalu atau tepatnya di Simpang LKA Kecamatan Tambusai.

Kapolres Rohul mengimbau masyarakat yang tengah melakukan perjalanan mudik atau liburan yang menggunakan kendaraan bermotor untuk tidak memaksakan diri saat teras mengantuk dan letih.

“Kita sudah siapkan pos-pos di titik-titik yang strategis. Kalau ngantuk atau capek silahkan istirahat, jangan memaksakan diri, bisa berbahaya,” imbau Kapolres Rohul.‎

Selain itu, AKBP M. Hasyim juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap tindak kejahatan, seperti aksi pencurian rumah kosong dan kejahatan lainnya.

“Bila hendak bepergian pastikan rumah dalam keadaan aman. Biasakan titip rumah ke tetangga ataupun sanak saudara, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” pesan Kapolres Rohul AKBP M. Hasyim.

Sementara, Asisten II Setdakab Rohul Muhammad Ruslan mengatakan Pemkab Rohul siap  mendukung O‎ps Lilin Muara Takus 2018. Menurutnya, keberhasilan operasi juga merupakan keberhasilan Pemkab Rohul.

“Jelasnya, kita mendukung dan mensuport operasi ini. Semoga saja Perayaan Natal dan tahun baru saudara kita yang ada di Rokan Hulu bisa berjalan aman dan nyaman,” ucap M. Ruslan.

Sebelumnya, pada Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Muara Takus 2018 di Taman Kota Pasirpangaraian, Kapolres Rohul juga kroscek persiapan anggota dan alat penunjang kinerja. *(Alfian Tob)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "800 Personel Gabungan, Disiagakan Menjelang Natal dan Tahun 2019 di Rohul"