Berita utamaRohilSosial&Budaya

Semenjak Ke Pemimpinan Bupati Suyatno, Program Dan Pelayanan Kesehatan Cukup Membaik.

 

Rokan Hilir Riau Andalas Com – Pelayanan kesehatan di bawah kepemimpinan Bupati Rokan Hilir H Suyatno AMp terus mengalami peningkatan dan membaik, Sehingga, Upaya Akses menjangkau pelayanan kesehatan bermutu di tengah masyarakat Sampai ke pelosok terus diwujudkan.

 

“Program Indonesia Sehat terdiri atas Paradigma Sehat, Penguatan Pelayanan Kesehatan Primer dan Jaminan Kesehatan Nasional. Ketiganya Ini akan dilakukan dengan menerapkan pendekatan continuum of care dan intervensi berbasis risiko (health risk),”Kata Bupati.

 

Dikatakannya, Bahwa Paradigma sehat menyasar Adalah Pada Penentu kebijakan lintas Sektor, untuk memperhatikan dampak kesehatan yang diambil baik Dari Hulu Maupun Di Hilir.

 

Menurut Dia, Meminimalisir Lintas Sektor Itu Sudah Tentu Tenaga kesehatan yang mengupayakan agar orang sehat tetap sehat atau tidak menjadi sakit, orang Sakit Menjadi Sehat Dan orang sakit tidak menjadi lebih sakit. Namun Peningkatan Pelayanan Bidang kesehatan Masyarakat Sangatlah Penting Di Perhatikan lantaran Merupakan salah satu yang tertuang dalam visi misi Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.

 

“Pemerintah Daerah Dalam meningkatkan kesehatan dan pelayanan bagi masyarakat terus dilakukan berbagai Segala upaya, Dari Segi Bentuk Pembangunan maupun Medisnya, Pemkab Rohil Saat ini tengah gencar-gencarnya melakukan pembangunan beberapa Puskesmas di beberapa Kecamatan,. Kerja Keras Tentu Hasilnya Berbuah Manis,”Kata Bupati Rokan Hilir H Suyatno AMp.

 

Suyatno Mengatakan, RSUD dr Pratomo Dapat Meraih Akreditasi Bintang Tiga, Dan Keberhasilan Itu Di Karenakan Berkat kerja keras Pemerintah Daerah dan instansi terkait, Namun Hal Itu Tidak Terlepas Peran bidang kesehatan dan para medis serta dukungan Masyarakat.

 

“RSUD dr Pratomo berhasil meraih Akreditasi Bintang Tiga dari komisi Akreditasi RSU Jakarta di Jakarta, Tentunya Kita Sangat Bangga,”Terang Bupati.

 

Sebelumnya, Sudah Di Ketahui Bahwa Penghargaan Akreditasi Bintang Tiga Itu diterima langsung oleh Bupati Rokan Hilir H. Suyatno AMp dari dr Sutoto, M.kes, Disaksikan oleh Kepala Bappeda Rohil HM Job Kurniawan, Dan Direktur RSUD Bagansiapiapi dr Tribuana Tungga Dewi.

 

Dalam Kesempatan nya, Bupati Rokan Hilir, H. Suyatno Menyampaikan penghargaan tersebut merupakat berkat bukti kerja keras pemerintah Dbidang kesehatan dan para medis Hingga dukungan Dari masyarakat.

 

“RSUD dr protomo sebelumnya pernah meraih Akreditasi. Penghargaan 2019 prediket Akreditasi bintang tiga melewati Bintang satu dan dua, ini luar bisa. Penghargaan yang diterima merupakan berkat kegigihan dan kerja keras para bidang kesehatan, kedepan bisa ditingkatan pencapaian akreditasi bintang lima,” Kata Suyatno. Ia berharap, struktur bidang kesehatan tetap konsisten dalam upaya memberikan pelayanan terbaik di bidang kesehatan dan pendidikan.

 

Karena Upaya Peningkatan Layanan RSUD dr Pratomo Menambah Alat Cuci Darah Sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan pasien Hemodialisa (HD) atau cuci darah.

 

Sementara Itu, Direktur RSUD Pratomo Bagansiapiapi, dr Tri Buana Tungga Dewi Mengatakan, Pihaknya Akan berencana menambah alat HD sistem Kerjasama Operasional (KSO) dengan pihak swasta lantatan Untuk Mempermudah Dalam peningkatan pelayanan pada pasien cuci darah.

 

Menurut Dia, Pihaknya Juga akan tambah alat HD lagi dengan sistem KSO, Karena Saat ini RSUD Pratomo cuma punya 4 alat saja, Sedangkan Jumlah pasiennya Lumayan banyak.

 

“Dengan jumlah alat yang ada saat ini kita cuma bisa melayani 4 orang pasien per shift. Satu Shift menghabiskan waktu 5 jam, jadi sehari bisanya dua shift, berarti sehari rumah sakit cuma bisa melayani 8 pasien saja,” Imbuh Tri Buana.

 

Buana Mengatakan, bahwa saat ini jumlah pasien cuci darah di RSUD Pratomo Bagansiapiapi Itu bertambah banyak, karena sejak rumah sakit memiliki fasilitas HD, pasien Berasal Rohil yang selama ini berobat ke Dumai atau Pekan Baru berobatnya ke RSUD DR Pratomo Bagansiapi.

 

 

Selain Pesien Berobat Kedumai Melainkan Juga Pesien Yang Sering Berobat Ke Pekan Baru Kini Sudah Berobat Di dr RSUD Protomo BaganSiapiApi, Karena Selain dekat biayanya Dan Juga Merupakan sesuai standart BPJS bagi pasien umum, agar semua pasien dapat terlayani setiap harinya.

 

“Rumah Sakit Kita akan menambah Lagi alat HD dengan sistem KSO, Agar Pelayanan Kita Terhadap Pesien Lebih Ekstrim,”Terangnya.

 

Penambahan alat HD Itu, Tri Buana Tungga Dewi Menjelaskan, Pihaknya juga sudah pernah menyampaikannya kepihak Pemkab Rohil beberapa waktu lalu dan Pemkab Rohil Sangat Merrspons Dan ditijau langsung Bupati Rokan Hilir H Suyatno.

 

“Penambahan alat HD tentunya akan membutuhkan ruangan baru, sementara waktu akan memaksimalkan ruangan yang ada, Pak Bupati sudah meninjau kondisi ruangan HD dan ia setuju dengan penambahan alat HD  agar pelayanan kepada masyarakat dapat maksimal. masalah ruangan sementara waktu kita maksimalkan ruangan yang ada, kalau nanti kondisi keuangan daerah sudah baik mungkin Pemkab Rohil juga akan membantu pembangunannya,”Paparnya.

 

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilr, Saat Ini telah memiliki 20 puskesmas yang akan diupayakan pada Tahun 2020 sudah terakreditasi, Jumlah yang sudah terakreditasi 6 dan yang akan terakreditasi 9, Bahkan, Ada sisa 5 puskesmas lagi yang Di Rencanakan Akan diakreditasi pada Tahun 2019 Ini.

 

Upaya Akreditasi Itu Guna puskesmas Merupakan suatu upaya untuk penilaian apakah Sistem manajemen mutu dan Sistem penyelenggaraan pelayanan dan upaya pokok sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Kesehatan.

 

“Akreditasi Ini Di Lakukan Agar Puskesmas dapat menjalankan fungsinya secara optimal, perlu dikelola dengan baik, baik kinerja pelayanan Maupun proses pelayanan Dan sumber daya yang digunakan. Karena Masyarakat Kita Juga Dalam Pelayanan Kesehatan menghendaki yang aman dan bermutu.(ADV)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *