23 April Menteri Hukum dan Ham Kunjung Rutan

Tidak ada komentar 580 views
example banner

hk

BAGAN SIAPI-API,Riau Andalas.com— Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) Republik Indonesia Yasona Laoly akan melakukan kunjungan ke Rokan Hilir. Jika tidak ada aral melintang, kunjungan Menteri tersebut tujuannya adalah dengan 2 agenda yakni meninjau Rutan Kelas II Bagan siapi-api yang terletak tepatnya di Jalan Dr.RM.Pratomo serta meninjau lahan yang disediakan Pemkab Rohil untuk pembangunan Rutan baru.

“Kunjungan ini untuk sementara adalah agendanya melihat rutan dan lahan rutan baru dan hal ini sudah kita koordinasikan dengan pihak rutan dan Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Riau,” kata Plt Sekda Rohil Drs.H.Surya Arfan, Kamis (14/4) kemarin.

Dikatakannya dengan adanya kunjungan ini Pemkab Rohil bersama pihak Rutan tengah mempersiapkan acara yang juga akan ikut dihadiri Plt Gubernur Riau H.Arsyadjuliandi Rahman.

“Pemkab Rohil telah lama menyediakan lahan diareal tepatnya disimpang Dua Ratus, Kecamatan Bangko untuk pembangunan rutan Bagansiapi-api yang saat ini sudah over kapasitas”, terang nya.

Terkaitnya lahan di pasar dua ratus yang akan dijadikan pembangunan Rutan untuk warga binaan, Sekda mengaku bahwa hal itu adalah alternatif dari Bupati Rokan Hilir H.Suyatno, agar warga binaan bisa tinggal dengan layak meskipun status didalam rutan, sebab menurut Sekda Kondisi Over Kapasitas Rutan Bagansiapi-api sudah menjadi sorotan Nasional, bahkan sudah diberikan gelar dengan “Rutan Terpadat di Indonesia”.

“Untuk itulah langkah cepat diperlukan sehingga warga binaan bisa tinggal dengan nyaman”, jelas Sekda.

Sekda menilai bahwa kondisi Rutan Bagan Siapi-Api saat ini hanya berkapasitas 98 orang dihuni lebih dari 700 nara pidana dengan berbagai kasus dan didominasi dengan kasus-kasus narkoba.

Selain itu, Sekda berharap dalam pelaksanaan pembangunan kantor Rutan tersebut bisa dimulai tahun ini juga, lantaran diakui Sekda kantor Rutan lama yang bertempat di tengah kota Bagan Siapi-Api sudah tidak lagi strategis apa lagi berdekatan dengan rumah sakit umum,

“Lahan untuk pembangunan kantor Rutannya sudah kita sedia kan di pasar dua ratus, tahun ini sudah bisa mulai berjalan agar warga binaannya nyaman”, terang nya.

Ditambahkan Sekda dalam Menyambut kedatangan Menkumham Pihak Rutan juga sudah menyiapkan lukisan hasil Karya warga Binaan yang nantinya diserahkan langsung kepada Yasona, namun ia berharap bahwa kedatangan Menteri nantinya sebagai langkah cepatnya terealisasi pembangunan rutan baru.

“seharusnya sudah di laksana kan sejak 4 tahun lalu,tetapi kita sebagai penyedia lahan tetap saja menunggu lampu hijau dari pihak Menkumham untuk realisasinya.” pungkas Sekda***(said/adv)