Berita utamaNasionalRohil

Perdana Ipemarohil Jakarta Fasilitasi Balik Besamo Gratis Se Pulau Jawa

JAKARTA,Riauandalas.com- Balik Kampung menjelang hari raya Idul Fitri merupakan agenda tahunan yang dinanti anak perantauan. Balik Kampung bertemu orang tua, sanak famili dan dapat merayakan Idul Fitri bersama adalah kebahagiaan nyata yang dirasakan khususnya bagi Pelajar dan Mahasiswa yang menempuh pendidikan jauh dari kampung halaman.
Menyadari pentingnya agenda ini, Ipemarohil Jakarta terpanggil untuk menfasilitasi Balik Kampung dengan tajuk “Balik Besamo” yang dilaksanakan keberangkatannya dari Sekretariat Ipemarohil Jakarta pada Sabtu 15 April 2023 dengan tujuan akhir Bagan Siapiapi Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau.
Mulyadi selaku Panitia Pelaksana Balik Besamo mengungkapkan “Peserta Balik Besamo Ipemarohil Jakarta ini tidak hanya Pelajar dan Mahasiswa Rokan Hilir dari Jabodetabek, namun ada beberapa dari Semarang, Malang, Jogja dan beberapa daerah pulau Jawa lainnya, sejatinya panitia menargetkan minimal 4 unit Bus, hal itu disebabkan tingginya antusias pendaftar yang ingin ikut serta sampai dengan ratusan pendaftar, namun karena satu dan lain hal panitia hanya dapat menfasilitasi 1 Bus dalam pelaksanaannya”.
Mulyadi mengatakan “Balik Besamo terselenggara atas kerjasama berbagai pihak, bahu membahu mensukseskan kegiatan, tidak terkecuali dukungan dan bantuan para senior juga Pemerintah Daerah Rokan Hilir khususnya Bapak Afrizal Sintong S.IP selaku Bupati Rokan Hilir yang peduli terhadap pertumbuhan Pendidikan Masyarakat Rokan Hilir.
Sebagai salah satu Pengurus Ipemarohil Jakarta, Mulyadi Merasa bangga terhadap Ipemarohil Jakarta karena mampu melaksanakan kegiatan bermanfaat yang dapat dirasakan langsung masyarakat Rokan Hilir.
“Saya merasa bangga Ipemarohil Jakarta dapat melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi anggota maupun masyarakat Rokan Hilir, semestinya demikianlah keberadaan organisasi itu, khususnya melalui kegiatan Balik Besamo, Ipemarohil Jakarta mampu menfasilitasi Pelajar dan Mahasiswa Rokan Hilir di Pulau Jawa untuk balik kekampung halaman dengan gratis”.
Tingginya animo Pelajar dan Mahasiswa Rokan Hilir yang menempuh pendidikan di Pulau Jawa agar dapat difasilitasi Balik Kekampung halaman secara gratis setiap tahunnya, Ipemarohil Jakarta berharap Balik Besamo ini dapat diberikan dukungan maksimal oleh Pemerintah agar terselenggara setiap tahunnya. Hal ini disampaikan M.Zuhdi Ketua Umum Ipemarohil Jakarta.
M. Zuhdi mengatakan “Tahun 2023 ini Ipemarohil Jakarta untuk pertama kalinya menyelenggarakan Balik Besamo secara gratis yang diperuntukkan bagi Pelajar dan Mahasiswa yang menempuh pendidikan tidak hanya di Jakarta namun se-pulau Jawa untuk ikut serta mendaftar, dan berdasarkan data yang ada peminatnya cukup tinggi dengan berbagai latar belakang alasan khususnya karena keterbatasan ekonomi, bahkan ada dari beberapa pendaftar yang belum balik kekampung halaman 2 sampai dengan 4  tahun. Hal ini menunjukkan perlunya kegiatan Balik Besamo secara gratis ini menjadi perhatian, dianggarkan, dan dapat diselenggarakan setiap tahun, sehingga menurut hemat kami selain bantuan Beasiswa yang dibutuhkan Pelajar dan Mahasiswa Rokan Hilir yang ada di Pulau Jawa bantuan Balik Besamo secara gratis ini juga hal yang tidak kalah penting karena dapat memberikan stimuno, semangat psikologis dalam menuntut ilmu dengan harapan dapat bertemu keluarga setiap tahunnya”.
Zuhdi juga menambahkan ” Mudik Gratis yang selama ini diselenggarakan di lingkungan Kementerian maupun BUMN di Jakarta terkesan menganaktirikan Pemudik dari Pulau Sumatera sehingga langkah Ipemarohil Jakarta sebagai organisasi Pelajar dan Mahasiswa yang menfasilitasi kegiatan Balik Besamo secara gratis ini haruslah dianggap sebagai kritik yang membangun”
Ketua Ipemarohil Jakarta ini juga bersyukur memiliki Pengurus yang terus semangat dan Solid hingga kegiatan Balik Besamo dapat terlaksana.
“Saya patut bersyukur memiliki Pengurus, anggota yang solid dalam mensukseskan kegiatan Balik Besamo ini, sehingga dalam masa Kepengurusan Saya pada tahun 2023 Ipemarohil Jakarta untuk pertama kalinya menyelenggarakan kegiatan Balik Besamo secara gratis, setidaknya periode ini memulai dengan harapan dapat diteruskan setiap tahunnya, Saya sadari tanpa bantuan dan dukungan berbagai Pihak Kegiatan tersebut tidaklah dapat terlaksana” Pungkasnya.
Kegiatan Balik Besamo Ipemarohil Jakarta  diberangkatkan dan dilepas oleh Dewan Penasehat Organisasi Pangidoan Nasution, dari Jakarta Sabtu, 15 April 2023 dengan dimulai sahur pada pagi harinya, dan tiba di Bagan Siapi-api Rokan Hilir pada hari Senin 17 April 2023 siang, agenda kemudian diakhiri dengan ramah tamah dan Buka Puasa Bersama.

M. Zuhdi