INHIL

Kapolsek Kemuning Polres Inhil Gencar Sosialisasi Penggunaan Helm kepada Pelajar


INHIL,Riauandalas.com- Kapolsek Kemuning jajaran Polres Indragiri Hilir (Inhil), Kompol Teguh Wiyono gencar melaksanakan sosialisasi penggunaan helm kepada para pelajar.

Helm menjadi salah satu piranti penting dalam berkendara sepeda motor. Bahkan fungsinya vital, kerap menyelamatkan pengendara saat terjadi kecelakaan lalu-lintas.

Benturan keras di arah kepala saat kecelakaan dapat diminimalisasi dengan pemakaian helm. Helm memang tidak seluruhnya melindungi tubuh saat terjadi kecelakaan. Namun bisa mengurangi fatalitas akibat kecelakaan lalu-lintas.

Untuk itu Kapolsek Kemuning beserta anggota melaksanakan sosialisasi di SMAN Tuah Kemuning dan SMPN 1 Kemuning, Rabu (15/3).

“Hari ini kami melaksanakan sidak dan sosialisasi kepada pelajar dan guru serta orang tua yang sempat hadir, mengenai pentingnya memakai helm di dua sekolah SMAN Tuah Kemuning dan SMPN 1 Kemuning untuk melihat sejauh mana kepatuhan dalam berkendara dan berlalu lintas,” kata Kapolsek Kemuning Kompol Teguh Wiyono.

Ia menjelaskan sebagaimana diketahui bahwa pengendara kendaraan bermotor roda dua yang dibonceng wajib menggunakan helm.

“Penggunaan helm tentunya bermanfaat untuk melindungi kepala apabila terjadi benturan, helm juga melindungi pemakainya dari hujan dan terik matahari termasuk melindungi mata apabila ada debu dan binatang kecil yang beterbangan pada saat berkendara,” jelasnya.

Dengan memakai helm, dikatakan Kompol Teguh, pengendara akan lebih fokus dan konsentrasi karena tidak perlu mengusap mata karena terpapar debu dan lainnya.

“Diharapkan dapat mengurangi kejadian kecelakaan lalulintas ataupun mengurangi fatalitas korban kecelakaan bagi yang menggunakan helm,” kata Kapolsek.

Kapolsek menyampaikan, keselamatan berlalulintas menjadi tanggung jawab bersama baik diri sendiri dan keluarga di rumah.

“Guru di sekolah harus berani menjadi contoh tertib berlalulintas, mari menjadi pelopor keselamatan berlalulintas. Stop pelanggaran, stop kecelakaan, keselamatan untuk kemanusiaan,” tambahnya.

Rg