Berita utamaKamparPemerintahan

2023-2024, SMP Negeri 10 Tapung Bakal Seleksi Siswa Masuk

TAPUNG,Riauandalas.con – Memasuki tahun pelajaran (TP) 2023/ 2024 mendatang, SMP Negeri 10 Tapung bakal melakukan seleksi terhadap siswa yang masuk ke SMP Negeri yang berada di wilayah Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar tersebut.

Hal tersebut disampaikan Kepsek UPT SMP Negeri 10 Tapung H Nasrun Wagiman SPd mengawali tahun 2023 saat rapat bersama seluruh majelis guru dan pengawas sekolah, pekan lalu.

‘’Kita berencana akan melakukan seleksi terhadap siswa yang masuk ke sekolah ini, sebab saat ini tidak sekolah kita saja, cukup banyak sekolah lain juga, sehingga ada kesempatan penambahan siswa bagi sekolah lain itu,’’ ujar Nasrun Wagiman.

Hal tersebut seiring dengan tidak memungkinkan lagi menambah ruang kelas baru (RKB) bagi siswa baru yang kapasitas sekolah hanya bisa menampung sebanyak tujuh ruang belajar setiap kelas.

‘’Perkembangan sekolah kita ini sangat pesat ya, dari yang dulunya hanya tiga rombel, sekarang kita ada 21 rombol, sehingga jika kita paksakan menerima siswa tanpa penyaringan, mau ditempatkan dimana lagi anak-anak kita nanti,’’ lanjutnya.

Saat ini saja, dua ruang labfor terpakai untuk kelas, sehingga penggunaan dua ruang labfort komputer dan IPA tersebut tak bisa bisa digunakan secara maksimal dan pihak sekolah harus menacari cara agar semua siswa bisa mendapat ruang belajar di sekolah yang berbatasan langsung dengan Kota Pekanbaru tersebut.

Apalagi saat ini jumlah siswa SMP Negeri 10 Tapung hampir mencapai 700, dan jumlah ini terbesar d Tapung raya, sehingga jika sekolah tidak membuat kebijakan pembatasan jumlah siswa dikhawatirkan tahun pelajaran depan jumlah siswa tidak tertampung.

‘’Sebab perkembangan desa kita ini dari tahun ke tahun luar biasa pesat dan dengan menjamurnya perumahan. Tentu jumlah warga kian bertambah juga,’’ sebut seorang tokoh masyarakat setempat M Nazri. (buz)