Berita utamaRiauRohulSosial&Budaya

Musda Ke V di Balai LAMR Rohul, H.Zulyadaini Terpilih Kembali

ROKAN HULU,Riauandalas.com- Secara aklamasi, Datuk H Seri Zulyadaini kembali terpilih sebagai Ketua Umum Pimpinan Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rohul periode 2022-2027.

Terpilihnya kembali H Seri Zulyadaini sebagai Ketua DPH LAMR Rohul sesuai hasil Rapat Musyawarah Daerah (Musda) V LAMR Rohul yang dilaksanakan pada Rabu (21/09) di Balai LAMR Rohul Komplek Pemda Pasir Pengaraian.

Dari hasil Musda tersebut, diputuskan juga sebagai Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Rohul, yakni datuk seri H. Dipendri, sesuai Surat Keputusan dengan Nomor: SK-06/MUSDA/LAMR-RH/IX/2022.

Pasca ditetapkan sebagai Ketua DPH LAMR Rohul terpilih, H Zulyadaini mengaku berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kembali kepadanya.

“Belajar dari pengalaman sebelumnya, itu akan kita jadikan pedoman untuk meningkatkan LAMR Rohul kedepan, baik itu LKA, Luhak, Kenegerian maupun Pemerintahan akan bersinergi dan bekerjasama dalam memenuhi kepentingan – kepentingan masyarakat adat di Rokan Hulu” kata H Zul.

Diakui Datuk Seri H Zulyadaini, sejauh ini ada beberapa kendala yang dihadapi oleh LAMR Rohul, salah satu kurang kondusifnya LAMR Rohul dalam beberapa persoalan yang terjadi ditengah masyarakat Rokan Hulu, serta kurangnya anggaran dari LAMR Rokan Hulu sendiri.

“Oleh karena itu, belajar dari pengalaman sebelumnya, kita akan menyatukan kembali LAMR Rokan Hulu, bak kata pepatah, ringan sama dijinjing, berat sama dipikul,” tambah H Zul.

Terkait kurangnya anggaran LAMR Rohul, tokoh adat Luhak Kepenuhan itu juga mengatakan, kedepan akan memperkuat kerjasama dengan Pemerintah maupun perusahaan melalui CSR.

“Dengan terpilihnya kami sebagai Ketua DPH LAMR Rohul, kami berharap kerjasama yang baik dengan seluruh elemen, dan kami mengajak kepada semua untuk dapat memikirkan bersama terkait kondisi adat kita ini, karena tidak ada yang dapat kita harapkan, melainkan dari kita sendiri, karena kita merasa memiliki adat, maka kitalah yang akan menjaganya, dan apabila ada kelemahan-kelemahan kedepan, maka mari kita perbaiki bersama-bersama,” pungkas H Zul.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Sidang Musda V LAMR Rohul, Datuk M Tufik Tambusai mengucapkan selamat kepada Ketua DPH maupun MKA LAMR Rohul terpilih.

“Kami berharap, kedepan LAMR Rohul dapat menjadi sebuah lembaga yang bermarwah,
memiliki kinerja yang jelas sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat,” harap Taufik.

Selain dari pada itu, dia juga berharap LAMR Rokan Hulu juga dapat melindungi hak-hak dari masyarakat adat itu sendiri,”tambahnya.

Ketika datanya terkait adanya pemberitaan dualisme kepengurusan LAMR Rohul, Taufik menepik hal tersebut, dalam pandangannya LAMR Rokan Hulu adalah satu.

“Kalau hari ini konon ada kerabat kita yang mengadakan Musda LAMR Rokan Hulu, itu di luar dari kita semua, apabila mereka mengklaim bahwa mereka adalah yang sah, ya silahkan saja, karena kami tidak akan menggiring persoalan ini ke dalam sebuah perdebatan yang tidak akan berujung, karena ini dalam ranah adat, tentu kita harus mengedepankan adab dan adat itu sendiri,” Pungkasnya
***(Alf)