Milad RSLL Ke XIX Meriah, Wabup Rohul Nilai Peran Radio Efektif Informasikan Program Pembangunan Daerah

ROKAN HULU,Riauandalas.com- Sejak 2 tahun terakhir tak dilaksanakan karena Pandemi Covid-19, Peringatan Milad Radio Swara Lima Luhak (RSLL) ke XIX tahun 2022 berlangsung meriah dan sukses, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Rohul, Rabu (22/6/2022).

Peringatan HUT Radio milik Pemerintah Daerah ini dihadiri langsung Bupati Rohul H. Sukiman yang diwakili Wabup Rohul H. Indra Gunawan, Asisten 1 Fhatanalia Putra S.Sos, Staf Ahli Bupati Sariaman, Kadis Kominfo Rohul H. Syofwan S.Sos,

Selain itu, Kepala Bappeda Rohul Drs Yusmar M.Si, Kasi Intelijen Rohul Ari Supandi SH MH, Kadisdukcapil Rohul Syaiful Bahri, Kabid IKP Kominfo Rudy Fadrial S.Sos M.Si dan Panitia.

Memeriahkan Milad RSLL ke XIX ini diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Qori Achmad Harun Asshidiqy dan Arimbi yang merupakan putra dari Kabid IKP Kominfo Rudy Fadrial S.Sos M.Si yang membacakan Surat Al Mukminun.

Kemeriahan Milad RSLL ke XIX tahun 2022 ini ditandai dengan potong nasi tumpeng oleh Wabup Rohul H. Indra Gunawan. Kemudian disemarakkan dengan penampilan kreasi anak negeri.

Seperti Musikalisasi puisi dari lenggok media dan anak anak SMP Muhammadiyah Rambah Hilir, visualisasi puisi dari SMP negeri 3 Kepenuhan, Drama lancang kuning dari SMA negeri 2 Rambah Hilir.

Wabup Rohul H. Indra Gunawan mengaku di era digitalisasi saat ini Radio dinilai efektif dalam penyebaran informasi pembangunan daerah. Pemkab Rohul berharap eksistensi Radio Pemerintah Daerah (RPD) Radio Swara Lima Luhak (RSLL) ikut berperan serta dalam memberikan informasi kepada masyarakat terkait capaian program pembangunan sesuai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Rohul.

“Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Rokan Hulu mengucapkan selamat atas ulang tahun Radio Swara Lima Luhak yang ke XIX dapat nemberikan kontribusi sebesar-besarnya untuk membantu komunitas di usaha ekonomi kreatif yang bisa mendorong pemulihan ekonomi kabupaten Rokan Hulu,”

“Sesuai dengan Visi dan Misi Kabupaten Rokan Hulu yang bertekad mewujudkan kabupaten Rokan Hulu sejahtera melalui peningkatan pembangunan ekonomi kerakyatan, pendidikan, infrastruktur, kesehatan dan kehidupan agamis yang harmonis dan berbudaya,” harap Wabup

Lanjut Wabup, untuk diketahui bersama bahwa Radio merupakan media yang tidak lekang oleh zaman, karena merupakan salah satu alat komunikasi yang bisa dinikmati penuh sembari beraktivitas dan secanggihnya alat komunikasi saat ini radio masih tetap menjadi media yang melekat di hati masyarakat.

“Radio ini berperan penting untuk menyebarluaskan informasi dan menjadi terpercaya dengan memberikan informasi terbaru, nyata dan teraktual serta teruji kebenarannya. Untuk itu kita sangat mengapresiasi sebesar-besarnya kegiatan hari ini dan mudah-mudahan di usianya yang ke XIX ini, RSLL senantiasa membagikan informasi yang berkualitas kepada masyarakat,” ujarnya

Ia juga berharap peran Radio menginformasikan program unggulan Pemkab Rohul dan RSLL dapat meningkatkan literasi media pada masyarakat sehingga mampu menyaring informasi yang diterima. tidak mudah terpengaruh dengan informasi yang belum jelas kebenarannya atau hoaks.

“Sesuai dengan tema yang diangkat di HUT RSLL ke XIX ini “membangun kreatifitas dan inovasi anak bangsa melalui siar radio swara lima luhak 104,4 fm”. Maka kami harapkan RSLL ini hendaknya menyiarkan program prioritas untuk memastikan masyarakat mengetahui apa yang dilakukan oleh Pemkab dan selalu berpartisipasi dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi,” ungkapnya

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Rohul H. Syofwan S.Sos menyampaikan terimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati ikut memeriahkan HUT RSLL ke XIX. Kegiatan ini terlaksana berkat kerja keras seluruh Panitia khususnya dibidang Informasi dan Komunikasi Publik.

Dihadapan Wabup Rohul, Kadis Kominfo Rohul juga menjelaskan sejarah terbentuknya Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) RSLL. Radio Swara Lima Luhak 104.4 FM ini adalah Radio Pemerintah Daerah Kab. Rokan Hulu yang terbentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Rokan Hulu Nomor 5 Tahun 2013 tentang Pembentukan Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Swara Lima Luhak Kabupaten Rokan Hulu.

“Untuk kita ketahui bersama sebelum ditetapkannya Perda tersebut, LPPL RSLL Rohul telah mengudara sejak 1 Juni 2003, pada waktu itu masih bernama Radio Pemerintah Daerah (RPD) dan kemudian pernah pula menyandang nama Radio Pelangi Darussalam,” jelasnya

Lanjut Syofwan, RSLL terus berkembang dalam kegiatan penyiaran dan pemberitaan, Radio Swara Lima Luhak pada tahun 2016 juga telah mendapatkan Izin Menkominfo lewat Keputusan Menteri Nomor 715 Tahun 2016 tentang Izin Prinsip Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran Publik Lokal Jasa Penyiaran Radio Swara Lima Luhak dengan Frekuensi FM 104. 4 MHz.

“Dapat kami sampaikan Radio Swara Lima Luhak selain memiliki fungsi diseminasi dan penyebaran informasi, Radio Swara Lima Luhak menyimpan potensi penerimaan daerah, hanya saja payung hukum dan regulasinya belum tersedia dan kita juga sedang melakukan kajian-kajian perbandingan dengan daerah lain sekiranya dapat kita melakukan hal yang sama dengan Kabupaten / Kota lain yang telah lebih dahulu mendapatkan manfaat penerimaan,” ujarnya

Untuk itu, Mantan Kadis Parbud Rohul ini berharap kepada Mitra Kerja d DPRD Rohul khususnya Komisi IV atas dukungan kemitraan sesuai dengan urusan dan kewenangan Diskominfo, harapan kami Insya Allah kedepan apa yang kita harapkan bersama dapat tercapai sesuai dengan cita-cita dan semangat pembangunan menuju Rokan Hulu Maju. *(MC/Kominfo)*

Tidak ada Respon

Komentar ditutup.