Hebat! 2021, Labah BUMDes Sungai Putih Meningkat Tajam

434 views

KAMPA,Riauandalas.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Usaha Bersama Desa Sungai Putih, Kecamatan Kampa, Kampar, berhasil membukukan sisa hasil usaha (SHU) sepanjang tahun 2021 sebasar Rp35.912.280. Dibanding tahun 2020, peningkatannya mencapai 100 persen lebih.

Hal tersebut terungkap dalam Musyawarah Desa Pertanggungjawab (MDPT) pengurus BUMDes Usaha Bersama tahun 2021 yang digelar di Aula Desa Sungai Putih, Senin (20/6), yang langsung dihadiri Dinas PMD, Balai Pelatihan Masyarakat Desa Kemendes PDTT di Pekanbaru, Tenaga Ahli Kabupaten dan pihak kecamatan serta pihak Pemdes bersama BPD.

‘’Alhamdulillah, ini tentu berkat kerjasama semua komponen masyarakat desa atas usaha yang kita jalankan dan terus berkembang, sehingga modal yang diberikan pemerintah desa ini benar-benar dapat bermanfaat untuk masyarakat kita. Meskipun dalam perjalanannya banyak tantangan dan halangan yang kami alami, seperti kehilangan puluhan tabung elpiji dan lain sebagainya,’’ sebut Direktur BUMDes Sudirman didampingi Sekretaris BUMDes Sugino.

Adapun unit usaha yang dijalankan BUMDes Usaha Bersama ini, lanjut Sudirman, jasa penjualan pupuk bersubsidi untuk masyarakat, penjualan gas melon 3 Kg bersubsidi dan jasa BRILink yang dua tahun terakhir ini menujukkan perkembangan signifikan.

Sesuai ketentuan dan AD/ ART BUMDes bahwa SHU ini dimanfaatkan untuk cadangan modal BUMDes, sebesar 40 persen, bonus tahunan pengurus 20 persen serta sisanya untuk dana sosial kematian masyarakat Desa Sungai Putih Rp3,5 juta untuk PAD desa tahun 2022 sebesar Rp9,2 juta.

‘’Untuk itu, kami mengucapkan terimak kasih kepada Pak Kades dan seluruh perangkat desa, pemuka masyarakat serta komponan masyarakat lainnya. Kita selalu terbuka menerima saran dan masukan serta kritik yang membangun buat kemajuan BUMDes kita saat ini yang dalam proses pendaftaran ke Kemenkum HAM RI untuk memperoleh badan hukum,’’ lanjut Sudirman.

Apalagi, target dalam waktu dekat, BUMDes Sungai Putih juga bakal melakukan kerjasama dengan pihak ketiga untuk mendirikan Pertashop. Saat ini pihaknya bersama Pemdes sudah menyiapkan lahan di pinggir jalan raya Sungai Putih. Semoga tahun ini dapat direalisasikan sebagai pengembngan unit usaha BUMDes Usaha Bersama.(bus)

Tidak ada Respon

Komentar ditutup.