Berita utamaHukum&KriminalPekanbaruSosial&Budaya

Lazismu Gandeng Lapas Narkotika Rumbai, Peringati Nuzul Quran

PEKANBARU,Riauandalas.com – Lembaga Pemasyarakatan Lapas) Narkotika Rumbai yang merupakan naungan dari Kantor Wilayah Kemenkumham Riau bersama Lembaga Amal Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) Riau gelar pengajian peringatan Nuzul Quran 1443 H bagi petugas dan warga binaan Pemasyarakatan.

Kegiatan yang bertempat di Masjid At Taubah Lapas Narkotika Rumbai ini dimulai dengan buka bersama petugas dan warga binaan pemasyarakatan dengan Lazismu Riau.

Kemudian dilanjutkan dengan salat magrib dan Isya berjamaah. ”Tujuan kegiatan tersebut sebagai refleksi kita semua untuk tekun membaca dan mengamalkan ajaran yang terdapat dalam Alquran, sebagai peringatan turunnya ayat Alquran kepada Nabi Muhammad SAW, yakni ayat 1-5 Surat Al-Alaq,” ungkap Kalapas Narkotika Rumbai, Robinson Perangin angin yang diwakili Erwin Siregar selaku Kasibinadik dan Giatja yang disampaikan oleh Setiadi Kasubsi Registrasi Lapas Narkotika Rumbai.

”Momen yang berharga di bulan Ramadan adalah malam Nuzulul Quran dan lailatul qadar. Kedua peristiwa ini merupakan ruang sejarah yang menentukan kehidupan dunia selanjutnya. Keduanya ini berhubungan langsung dengan proses turunnya Alquran. Dimana sebagai petunjuk dan pedoman hidup umat manusia. Akan tetapi, seringkali banyak yang salah memahami keterangan antara nuzulul quran dan lailatul qadar,” sebut Setiadi.

Harapannya dengan adanya peringatan tersebut akan mengingatkan kembali kesadaran bagaimana sebagai umat manusia untuk selalu belajar dan mengintropeksi diri dari perjalanan turunya kitab suci Alquran yang menjadi tuntunan dan membimbing kehidupan manusia, tutup Setiadi. (btr)