Berita utamaLingkunganSosial&Budaya

Sampan Terbalik, 4 Warga Asal Nias Tenggelam Belum Ditemukan di Sungai Rohul

ROKAN HULU, Riauandalas.com – Tim gabungan Basarnas saat ini terus melakukan pencarian terhadap 4 warga asal Pulau Nias Sumatra utara setelah dilaporkan hilang tenggelam di Perairan Sungai Batang Lubuh setelah sampan yang mereka tumpangi terbalik di aliran Sungai Batang Lubuh, tepatnya di Dusun Tanjung Padang, Kelurahan Kepenuhan Tengah, Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), pada Jumat (7/1/2022) Pagi

Peristiwa na’as itu terjadi ketika 7 orang ini akan menyeberang Sungai Batang Lubuh dengan menggunakan perahu kayu sepanjang 3 meter untuk pergi bekerja membersihkan kebun salah seorang warga yang ada di seberang Sungai batang Lubuh sekitar pukul 9 pagi tadi.

Namun ketika menyeberangi aliran sungai sekitar 5 meter dari tepian sungai, sampan yang mereka naiki terbalik, sehingga semua penumpang terjatuh ke sungai, karena debit air
sungai sedang naik jadi arusnya deras, ” Ujar Warga yang ditemui Crue Media ini beberapa jam setelah kejadian

Menurut saksi mata dari 7 korban tersebut, hanya 3 orang yang berhasil menyelamatkan diri, Sementara 4 korban lainya hanyut terbawa arus dan hingga berita ini tayang masih dalam Proses pencarian tim Gabungan baik dari BPBD dan Polsek Kepenuhan serta dibantu warga setempat.

Adapun 3 orang penumpang perahu yang selamat adalah Hardi Zai (30), warga Desa Pasir Pandak, Kepenuhan. Fitorma Zai 6 tahun, anak Hardi Zai, Yuris Zebua (20), warga Pasir Pandak, Desa Kepenuhan Timur, Kecamatan Kepenuhan.

Dari keterangan saksi yang selamat, 4 orang yang dilaporkan hanyut adalah Yani Zebua (27), Evi Zebua (28), dan Yude Zabua (25). Ketiganya adalah perempuan warga Pasir Pandak Desa Kepenuhan Timur, Kecamatan Kepenuhan dan 1 korban yang juga hilang adalah pria bernama Charles Nduru (40) warga Sei Emas Desa Kepenuhan Barat, Kecamatan Kepenuhan.

Saat ini Tim Gabungan dari BPBD, TNI-Polri dan dibantu masyarakat sekitar dan Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Rokan Hulu terus melakukan penyisiran di Sungai Batang Lubuh untuk mencari keberadaan korban yang hilang. Namun hingga berita ini diturunkan belum ada tanda keberadaan dan kabar soal nasib 4 orang yang hanyut.
***( WILLY)