Berita utamaPekanbaruPendidikanRiau

Mahasiswa Kukerta Integrasi Universitas Riau 2021 Mengadakan Pelatihan Pembuatan Biogas

PEKANBARU, Riauandalas.com- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Integrasi Universitas Riau melakukan Pelatihan Pembuatan Biogas di Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Kuliah Kerja nyata adalah kegiatan yang dilakukan oleh perguruan tinggi dalam rangka melaksanakan Tridarma Perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian Kukerta Integrasi Universitas Riau kali ini dilaksanakan di Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Provinsi Riau. Salah satu program yang dilaksanakan adalah Pelatihan Pembuatan Biogas bersama Ibu-ibu PKK dan Mitra bank sampah RW14 Kelurahan Sidomulyo Timur pada tanggal 17 Juli 2021 pada pukul 13.00 hingga menjelang ashar. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan warga RW14 tentang kegunaan sampah rumah tangga dan kotoran sapi.

Walaupun dalam masa pandemi masyarakat tetap meluangkan waktunya untuk datang menghadiri dalam program kerja kami yaitu Pelatihan Pembuatan Biogas. Biogas adalah sumber energi yang menghasilkan Api. Dalam Program kerja pelatihan pembuatan Biogas ini dapat memanfaatkan limbah limbah seperti sayuran dan kotoran sapi menjadi bahan untuk Biogas dan sisa bekas dari bahan biogas tersebut dapat digunakan sebagai pupuk padat untuk tanaman. “Kami sangat senang berbagi ilmu dan belajar bersama kepada masyarakat tentang pelatihan pembuatan Biogas sebagai pengganti gas. Setidaknya ada ilmu yang kami tinggalkan di kelurahan Sidomulyo Timur” Ungkap Siti Nurhaliza salah satu Mahasiswi KUKERTA Integrasi Universitas Riau.

Hasil dari kegiatan ini adalah Bertambahnya Ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi Ibu-ibu PKK, RW14 dan Pengurus Mitra Bank Sampah Damai Bestari dalam membuat Biogas. Menghasilkan karya kreatif berupa gas buatan sendiri dan bisa menjadi nilai jual untuk menambah perekonomian masyarakat Kelurahan Sidomulyo Timur,Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.(rilis/rd)**