PelalawanSosial&BudayaTerkini

HUT Permas Lampri ke 1 Dihadiri Bupati Pelalawan, Disambut Tari Sigeh Penguten

PEKANBARU, Riauandalas.com-Masyarakat yang tergabung dalam Persaudaraan Masyarakat Lampung Provinsi Riau (PERMAS LAMPRI) diharapkan dapat terus bersinergi dengan pemerintah. Bersama membangun daerah.

Demikian disampaikan oleh Bupati Pelalawan, H. Zukri Misran saat memberikan sambutan pada acara Milad 1 PERMAS LAMPRI di Taman Agrowisata NH5 Desa Beringin Kecamatan Bandar Sei Kijang.

Kehadiran Bupati Pelalawan di lokasi acara disambut dengan tari persembahan asal Lampung, yakni Tari Sigeh Penguten yang dibawakan oleh anak-anak PERMAS LAMPRI.

“Saya sangat bangga dapat hadir di tengah-tengah Keluarga Besar PERMAS LAMPRI yang selalu senantiasa memelihara kekompakan dan kebersamaan ini,”ujar Zukri Misran

Dia juga berharap keluarga besar PERMAS LAMPRI dapat terus bersinergi dan mendukung pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat  Kabupaten Pelalawan khususnya, dan Provinsi Riau pada umumnya.

“Kegiatan vaksinasi Covid 19, donor darah dan santunan anak yatim yang dilakukan oleh PERMAS LAMPRI yang bekerjasama dengan Pemerintahan Kabupaten Pelalawan sangat membantu masyarakat.   Bahwa tanggung jawab dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik kesehatan, Pendidikan dan ekonomi bukan hanya tanggung jawab pemerintah melainkan perlu melibatkan seluruh elemen masyarakat termasuk paguyuban orang Lampung,” papar Bupati Pelalawan.

Di samping itu, kata orang nomor satu di Kabupaten Pelalawan ini juga, bahwa beliau berharap ke depan dapat menjalin kerjasama yang sinergis antara Pemkab Pelalawan dengan PERMAS LAMPRI.

Apalagi, sambungnya, putra-putri terbaik dari Lampung juga banyak berkiprah di Riau, khususnya di struktur pemerintahan, salah satunya seperti H. Sugianto, SH yang merupakan Anggota DPRD Provinsi Riau dari Dapil Pelalawan-Siak.

“Kami juga memohon dukungan seluruh lapisan masyarakat, khususnya keluarga besar PERMAS LAMPRI agar dalam menjalankan amanah ini saya menjadi Pemimpin yang adil, amanah, jujur dan pemimpin yang dapat membawa kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pelalawan. Jika dalam pelayanan terdapat kendala atau hambatan agar tidak segan segan untuk melapor langsung kepada Bupati,” sebutnya.

Di akhir kata, Bupati H. Zukri pun mengucapkan selamat ulang tahun ke-1 bagi PERMAS LAMPRI. “Meskipun baru berumur satu tahun tetapi PERMAS LAMPRI telah miliki anggota lebih dari 4.000 kk yang tersebar di seluruh Provinsi Riau, bahkan telah terbentuk 7 DPD Kabupaten/Kota. Sekali lagi selamat ulang tahun ke-1 untuk PERMAS LAMPRI,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum PERMAS LAMPRI, Sunaryo Salamun juga berkesempatan menyampaikan pesan kepada seluruh keluarga besar PERMAS LAMPRI ada Riau, agar senantiasa menjunjung tinggi adat istiadat yang ada di Riau. Sehingga keberadaan masyarakat asal Lampung yang ada di Riau bisa memberikan kontribusi untuk pembangunan di Riau.

“Sama-sama kita ketahui, bahwa kurang lebih 15.000 kk perantau asal Lampung baik transmigrasi maupun merantau secara swadaya saat ini tinggal di Riau dan sudah menjadi penduduk Riau. Oleh karena itu saya ingin sampaikan bahwa kita adalah warga asal Lampung, tetapi kita adalah orang Riau. Dengan adanya organisasi ini, maka warga asal Lampung yang ada di Riau dapat bersatu dan membaur dengan warga Riau lainnya untuk berkontribusi membangun Provinsi Riau yang berdaya saing,”ujarnya.

Penasehat Permas Lampri dalam sambutannya yang disampaikan oleh Mbah Suwaji menyampaikan agar seluruh keluarga besar PERMAS LAMPRI dapat menjaga sikap, tetap Guyub, Rukun dan Santun selamanya, baik dengan sesama anggota PERMAS LAMPRI maupun dengan warga sekitar.  PERMAS LAMPRI hadir untuk menjalin silaturahmi sesame perantau asal Lampung, tanpa melihat suku, agama, latar belakang Pendidikan maupun profesi tetapi kita semua diikat oleh kesamaan asal yakni dari Provinsi Lampung.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT PERMAS LAMPRI ke 1, Luluk Budi Prayitno mengatakan, perayaan HUT ke 1 PERMAS LAMPRI di komplek Agrowisata NH5 ini diisi kegiatan Vaksinasi Covid 19 dengan melibatkan 97 peserta, kemudian donor darah dengan melibatkan 30 peserta serta santunan anak yatim dari warga tempatan dengan melibatkan 35 anak yatim.

Selain dihadiri Bupati Pelalawan, Kadis Kesehatan Pelalawan, Wakil Ketua FPK Kabupaten Pelalawan dan Ketua IKJR Kabupaten Pelalawan, pembukaan perayaan HUT PERMAS LAMPRI ke 1 ini juga dihadiri oleh Seluruh Pengurus DPP, Ketua DPD Permas Lampri dari 7 Kabupaten/Kota beserta pengurus dan anggota.(rls)