Berita utamaKesehatanPemerintahanRiau

Diskes Riau Tegaskan Tidak Semua Pasien Isolasi Mandiri Dijemput Kerumah

PEKANBARU,Riauandalas.com- Menggali informasi pasien isolasi di rumah di jemput petugas, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, tegaskan tidak semua pasien Isolasi mandiri di rumah yang di jemput dan dibawa ke tempat yang disiapkan oleh pemerintah.

Dikatakannya, jika pasien yang di jemput tersebut sesuai penilaian rumah pasien yang tidak layak dan memenuhi syarat dijadikan tempat isolasi mandiri. Seperti kamar mandi didalam kamar dan terpisah dengan anggota keluarga lainya.

Selain itu, Kamar tidak menggunakan karpet atau permadani, sirkulasi udara berjalan, ketersediaan air memadai, terdapat akses kendaraan roda empat, bangunan dan lokasi aman dari ancaman bahaya lainya, seperti banjir, kebakaran maupun tanah longsor.

Bagi mereka yang rumahnya memenuhi standar tersebut, maka pasien tetap bisa melakukan isolasi mandiri di rumah dengan tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Jadi 455 orang ini tidak semuanya dijemput, karena mereka ini kan sebagian ada yang sudah dibawa ke rumah sakit dan ada juga yang isolasi di rumah yang rumahnya memadai dan layak dijadikan tempat isolasi, itu tidak masalah,” kata Mimi, Jumat (16/7).

Mimi mengungkapkan, saat ini yang menjadi prioritas penjemputan adalah pasien Covid-19 yang isolasi di rumah yang tidak memenuhi standar untuk tempat isolasi.

Sehingga mereka harus dipindahkan ke tempat isolasi yang disiapkan oleh pemerintah daerah untuk menghindari terjadinya penularan kepada anggota keluarganya yang lain, atau bahkan bisa berdampak buruh terhadap kesehatannya yang berujung kematian.

“Sekarang yang prioritas itu yang isolasi mandiri di rumah yang tidak layak untuk isolasi, itu yang kita lakukan penjemputan hari ini,” tuturnya.(dre)