Berita utamaPekanbaruSport

Pandemi Covid-19, Anniversary Ke-2 CBP Fokus Untuk Pembinaan Atlit Biliar Riau

PEKANBARU, Riauandalas.com – Terkendala Pandemi Covid-19 yang hingga kini masih terus meningkat di berbagai daerah di Indonesia. Community Biliard Pekanbaru (CBP) tetap berupaya memaksimalkan pembinaan untuk Atlit Biliar di Riau. Terutama pada Atlit Junior, Muda serta para Atlit yang akan mewakili Riau di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2-15 Oktober 2021 di Papua dan Atlit Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau tahun 2022 di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Adapun upaya yang dilakukan CBP tersebut kembali menggelar turnamen bersama Rumah Bilar di Riau yang sebelumnya dihentikan karena Pandemi Covid-19. Dimana turnamen yang digelar kali ini juga dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-2 CBP dan HUT Ke-4 Abege Cafe &Pool Pekanbaru.

Kegiatan yang di gelar dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat tersebut, hanya dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 19-20 Juni 2021 menimbang penyebaran Covid-19 yang masih terjadi di Riau. Itupun tidak terbuka untuk umum, khusus untuk yang tergabung dalam anggota CBP.

Ketua Community Billiard Pekanbaru, Supryanto, mengatakan jika turnamen yang diselenggarakan saat ini juga turnamen yang sebelumnya ditunda akibat adanya peningkatan kasus Covid-19 di Riau.

“Biasanya pelaksanaan turnamen ini kita mengadakan babak penyisihan dengan kurun waktu mencapai 4-5 hari. Karena menimbang kondisi daerah, khususnya Kota Pekanbaru sebagai lokasi turnamen yang masih tinggi angka terkomfirmasi Positif COVID-19 maka kita laksanakan cuma 2 hari saja,” katanya usai pelaksanaan turnamen, Ahad (20/6) di Rumah Billiar Abege Cafe & Pool Pekanbaru.

Supriyanto berharap, pelaksanaan turnamen kali ini juga bisa dipahami dan dimaklumi oleh rekan-rekan Atlit diluar Riau maupun nasional yang selama ini selalu ikut serta pada turnamen Biliar di Riau.

“Ini juga demi kesehatan bersama dari penyebaran Covid-19. Maka itu kita lakukan khusus untuk para Atlit kita saja, terutama yang akan mengikuti PON di Papua,” ujarnya.

Sementara Owner Rumah Biliar Abege Cafe & Pool Pekanbaru, Linda, mengharapkan turnamen yang diselenggarakan dalam momen HUT Abege Cafe & Pool Pekanbaru bersama CBP ini juga merupakan wujud kebersamaan yang selama ini terjalin dengan baik. Terutama dalam meberikan pembinaan terhadap Atlit Biliar di Riau.

“Saya juga berharap momen kali ini juga membawa kesuksesan bersama kedepan, dan terus lebih baik lagi dari sebelumnya,” katanya.

Lebih jauh, Linda juga mengatakan jika untuk mendukung program pembinaan Atlit maupun dalam melahirkan bibit baru Atlit Biliar Riau, Abege Cafe & Pool Pekanbaru akan selalu siap meberikan dukungan dan membuka pintu bagi para Atlit untuk berlatih meningkatkan kemampuan bermain.

“Dalam waktu dekat ini, kita juga akan kembali menggelar turnamen yaitu dalam rangka hari ulang tahun pertama Abege Biliar Club (ABC). Dimana ini juga sebagai bentuk support untuk kemajuan Atlit yang tergabung di Club milik Abege Cafe & Pool serta dukungan Abege Cafe & Pool untuk para Atlit dan pencinta biliar di Riau,” tuturnya.

Sebagai informasi, turnamen yang diselenggarakan CBP bersama Rumah Biliar ini, juga sesuai dengan informasi yang disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali beberapa waktu lalu. Dimana ia menegaskan jika Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan tetap dilaksanakan pada 2-15 Oktober 2021 di Papua.

Penegasan tersebut, juga sesuai dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) jika untuk PON siap dilaksanakan dan tidak lagi ada penundaan yang sebelumnya sempat ditunda pada tahun 2020 lalu.

Selain itu, himbauan ini juga disampaikan Gubernur Riau, H Syamsuar, jika untuk Atlit kontingen PON Papua diminta untuk terus mempersiapkan diri meningkatkan latihan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 menimbang kondisi Covid-19 di Riau yang saat ini masih terus meningkat setiap hari.

Sedangkan untuk turnamen kali ini, Kejuaraan berhasil diraih oleh Atlit Kontingen PON Papua, Martias Pratama sebagai Juara I/Champion dan Juara II/Runner Up diraih oleh Atlit Senior Riau, Aran. Sedangkan untuk Semifinalis di Raih oleh Atlit Abege Biliar Club (ABC) dan Atlit Pelajar Riau, Alpin GM.(dre)