Berita utamaPekanbaruPemerintahanRiau

Masih Dibawah 35 Persen, Setdaprov Riau Minta OPD Gesah Kegiatan

PEKANBARU, Riauandalas.com – Hingga kini penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau masih dibawa angka 35 pesen. Pemprov Riau minta seluruh OPD gesah kegiatan.

Hal tersebut disampaikan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Masrul Kasmy, jika capaian tersebut sesuai hasil evaluasi APBD Riau 2021, sampai pertengahan Juni 2021 ini.

“Progres APBD Riau kita sampai hari ini untuk fisik maaih 33 persen dan keuangan 20,1 persen. Maka itu kita minta seluruh OPD lingkungan Pemprov Riau untuk terus menggema kegiatan dimasing-masing OPD,” katanya.

Ia mengatakan, sebelumnya telah melakukan evaluasi dimasing-masing OPD Riau, simana terdapat beberapa OPD yang terlambat menyiapkan dokumen lelang.

“Itu salah satu kendala yang membuat realisasi lambat. Kemudian kendala lain ada kesalahan dalam laporan, seperti di Biro Kesra Setdaprov Riau ada dana transfer sekolah dasar Rp1,7 miliar, dan sudah dibayarkan sebesar Rp600 juta sekilan. Hanya saja itu tidak ada dalam sistem, sehingga realisasi sekretariat daerah rendah,” terangnya.

Kedepan hal ini diharapkan tidak terjadi lagi, begitu juga masalah pelaporan agar cepat dibenahi. Termasuk persoalan pergeseran anggaran karena COVID-19.

“Karena pak Gubernur memberi target realisasi APBD Riau 40 persen pada akhir semester 2021. Tapi sekarang baru 33 persen untuk fisik dan keuangan 20,1 persen. Itu lah beberapa kendalanya,” tuturnya.(dre)