KesehatanRiau

Di Riau Belum Ada Ditemukan Virus Corona Baru Seperti di India

PEKANBARU, Riauandalas.com – Di Provinsi Riau belum ada informasi ditemukan virus Corona baru seperti di India. Sesuai data penanganan yang terus di gesa tim Satgas Covid-19 Riau, kasus ditemukan pada pasien masih merupakan kasus yang sama seperti sebelumnya

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Riau, dr Indra Yovi. Selasa (27/4) di Pekanbaru. Dikatakannya, jika untuk antisipasi virus baru varian B.1.617 & B.1.1.7 dari India ini seluruh tim Satgas di Riau sudah melakukan upaya dengan maksimal. Termasuk tingkat pemerintahan melalui arus mudik masyarakat di berbagai pintu masih daerah.

Sedangkan terkait informasi yang disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, sejauh ini sudah ada 10 orang di Indonesia yang terinfeksi virus corona harus baru seperti di India. Yaitu di 3 provinsi, yakni Provinsi Sumatera, Jawa Barat, dan Kalimantan Selatan. Ia mengatakan kemungkinan besok (Rabu 28/4. Red) tim Satgas Covid-19 Riau akan melaksanakan Kompresi Pers. Sehingga belum bisa dijelaskan seperti apa detilnya.

“Besok mungkin Kompresnya. Yang pasti Riau belum ada informasinya,” kata Yovi.

Sesuai informasi yang disampaikan Menkes RI, 10 orang yang terinfeksi virus baru tersebut, 6 diantaranya impor dari luar negri. Sedangkan 4 lainya transmisi lokal dengan rincian 2 di Sumatera, 1 di Jawa Barat, 1 di Kalimantan Selatan.

Untuk upaya penanganan, pemerintah sudah menangguhkan sementara pada kunjungan dan telah membuat kebijakan menolak masuknya orang asing yang memiliki riwayat perjalanan 14 hari terakhir ke India.

Begitu juga untuk titik pintu masuk kedatangan orang asing, dikatakanya jika titik pintu masuk ini telah ditentukan hanya beberapa wilayah. Baik untuk jalur udara maupun jalur pelabuhan, seperti Bandara Soekarno-Hatta, Juanda, Kualanamu, dan Sam Ratulangi. Sedangkan untuk pelabuhan hanya bisa masuk melalui Pelabuhan Batam, Tanjung Pinang, dan Dumai.(dre)