LingkunganPemerintahanRiau

Saling Komitmen, Gubri Kembali Yakinkan Tahun Ini Riau Bebas Kabut Asap

PEKANBARU, Riauandalas.com – Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar Kembali yakinkan jika tahun ini Riau mampu mempertahankan kabut asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Hal tersebut disampaikan Gubri Syamsuar, usai menggelar apel kesiap siagaan bencana Karhutla tahun 2021, Selasa (16/3) di halaman kantor gubernur Riau yang juga dihadiri seluruh Bupati dan Walikota se Riau, OPD terkait lingkungan Pemprov Riau, Danrem 031Wira Bima, Danlanud Roesmin Nurjadin, Kapolda Riau, Staf Ahli BNPB, seluruh Kapolres se Riau, Dandim se Riau serta para pengusaha dan perusahaan yang ada di Riau.

Keyakinan tersebut jelas Gubri, berdasarkan pada semangat petugas yang sampai saat ini terus berjibaku dilapangan, yang juga didukung oleh komitmen kepala daerah maupun seluruh Satgas Karhutla di Riau. Terutama pada Satgas TNI/Polri, Manggala Agni, BPBD dan lainya yang selalu siap menangani temuan titik api yang terdeteksi di Riau.

“Ini juga sesuai dengan arahan Presiden RI dalam penanganan Karhutla. Dengan kebersamaan ini maka itu saya sangat yakin tahun ini Riau mampu mempertahankan bebas dari kabut asap akibat Karhutla,” kata Gubri.

Keyakinan ini tambah gubri, juga menimbang personil penangan Karhutla di Riau yang jumlahnya mencapai 10 ribu personil yang selalu siap siaga untuk mengantisipasi Karhutla.

“Personil tersebut terdiri dari TNI, Polri, Manggala agni MPA dan berbagai pihak lainya yang peduli Karhutla. Kesiapan ini juga sudah disiapkan semenjak ditetapkannya status Riau Siaga Darurat Karhutla 2021 sebelumnya,” jelasnya.

Gubri juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak terkait dalam penanganan Karhutla di Riau. Terutama pada Danrem 031 Wira Bima, Kapolda Riau, seluruh kepala daerah yang telah menurunkan personil untuk penanganan Karhutla bisa teratasi dengan baik.

“Meskipun saat ini masih ada titik api yang terdeteksi di Riau, masih bisa lansung diatasi dengan baik. Kita juga juga mengucapkan terimakasih kepada BNPB mapun DLHK yang telah membantu Riau terkait peralatan. Termasuk Helikopter dan Pesawat yang terus ber operasional di Riau,” tutur Mantan Bupati Siak ini.(dre)