LingkunganRohil

Luar Biasa DLH Rohil, Selain Mengatasi Debit Air Juga Mempermudah Aktifitas Nelayan.

Rokan Hilir, Riau Andalas Com – Para nelayan lokal tentunya merasa bangga luas dan bersihnya sungai yang berada diPelabuhan Baru yang terletak tepatnya di Jalan Pesisir.

Pasalnya, sungai pelabuhan baru itu dulunya sempit dan agak susah dilalui para nelayan lokal, selain sempit juga batang batang pohon di bibir pantai sungai tersebut kadang melintang pukang kedalam sungai, sehingga para nelayan juga merasa kurang nyaman.

Untuk di ketahui Sungai Pelabuhan baru itu juga setiap hari dilalui oleh para nelayan lokal lantaran para nelayan itu hampir setiap hari melakukan aktifitas mencari rezeki melaut dengan menggunakan sampan atau bot.

Kini para nelayan tradisional atau lokal itu sudah merasa nyaman karena Ketegasan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir, mengembangkan sektor pembangunan penggalian normalisasi, sehingga Sungai Pelabuhan baru itu saat ini sudah menjadi bersih dan luas.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir, Suwandi S,Sos mengatakan, Penggalian normalisasi Sungai Pelabuhan baru itu dilakukan pihaknya terutama bagi para nelayan tidak lagi khawatir saat hendak melaut, kemudian untuk mengatasi debit air yang tinggi dikarenakan guyuran hujan yang deras.

“Hari ini kita masih dilapangan untuk memantau perkembangan dan pelaksanaan kegiatan normalisasi yang sudah dikerjakan petugas kita termasuk melihat debit air yang mengalir,”katanya Kamis 15 Oktober 2020.

Ditambahkan Suwandi, sejak pihaknya  melakukan normalisasi di sejumlah beberapa titik di wilayah BaganSiapiApi, baik itu di sungai pabrik, jalan bintang, jalan bulan, jalan pahlawan, jalan Sekip dan madrasah debit air sudah mulai surut.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar, target kita hari ini akan selesai, Harapan kita semoga masyarakat bisa terbebas dari banjir dan bisa bercocok tanam,”Pungkasnya.(Said)***